Pengertian Media Siber (Cyber Media)

Pengertian Media Siber (Cyber Media) adalah alat (sarana) komunikasi dengan menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Media siber merupakan media baru yang tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Media Siber

Kemudahan penggunaan teknologi internet dengan perangkat pendukungnya menjadikan Media Siber (Cyber Media) semakin berkembang beberapa tahun belakangan.

Meskipun media baru, namun memiliki kelebihan dalam berkomunikasi melalui internet, membuat minat masyarakat terhadap media siber semakin tinggi.

 

Perkembangan Media Siber (Cyber Media)

Pengertian Media Siber (Cyber Media) muncul setelah media cetak, media masa seperti radio dan televisi serta media lainnya yang dianggap belum mampu melakukan komunikasi secara maksimal.

Interaksi dalam komunikasi bagi sebagian orang memerlukan kecepatan, kemudahan dan murah.

Surat menyurat kini dapat dilakukan dalam sekejap lewat email. Penawaran dan permintaan produk dapat dilakukan kapan dan dimana saja lewat e-commerce. Bahkan pendidikan jarak jauh tanpa tatap muka langsung dapat dilakukan dengan media siber.

Saat ini, hanya berbekal sebuah smartphone, orang bisa melakukan komunikasi apa saja seperti berdiskusi, tukar informasi, bercerita, curhat, berkreasi, dan sebagainya dengan mudah.

Perkembangan Media Siber (Cyber Media) juga dimanfaatkan oleh pemerintah, lembaga pendidikan, perusahaan bisnis bahkan dari penyedia media masa pun seperti koran, majalah, radio dan televisi memanfaatkan media cyber untuk kepentingannya.

Dengan hadirnya Media Siber (Cyber Media) munculah istilah E-mail, e-Goverment, E-Learning, E-Commerce, website, weblog dan sebagainya.

Orang kini dengan mudah berkomunikasi dengan rekan, keluarga atau relasi tanpa harus dipisahkan oleh jarak dan waktu. Mencari berita terkini tidak harus menunggu koran terbit. Mencari informasi atau referensi tidak harus pergi ke perpustakaan atau membeli ke toko buku.

Bahkan untuk berbelanja orang tidak harus ke luar rumah. Cukup dengan perangkat digital yang terkoneksi dengan jaringan internet, maka semua dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

 

Pengertian Media Siber (Cyber Media) – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *