Pengertian Ideologi, Unsur, dan Macam-macam ideologi

Apa yang dimaksud dengan ideologi? Secara umum, ideologi diartikan sebagai kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan atau kepercayaan yang bersifat sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Pengertian Ideologi, Unsur, dan Macam-macam ideologi

Pengertian Ideologi

Kata Ideologi pertama kali diperkenalkan oleh Destutt de Tracy, yang merupakan seorang filsuf asal Perancis yang berawal dari kata ‘Idéo’ yang artinya adalah ide, cita-cita, melihat, memandang, dan kata ‘Logie’ yang berarti logika atau rasio. Sehingga jika digabungkan menjadi arti seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Ideologi merupakan suatu visi yang bersifat komprehensif, sebagai cara pandang terhadap semua hal secara umum serta beberapa arah filosofi yang diberikan oleh kelas dominan pada seluruh anggota masyarakat. Kata ideologi ini sangat erat kaitannya dengan berbagai bidang kehidupan manusia.

Blog Kanal Informasi

Kata ideologi juga diartikan berbeda-beda oleh beberapa ahli. Berikut adalah pendapat ahli mengenai pengertian ideologi, diantaranya adalah:

Alfian

“Pengertian ideologi merupakan suatu pandangan ataupun sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yakni secara moral dianggap benar dan juga adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi dan bidang kehidupan.”

Gunawan Setiardjo

“Kata ideologi berarti kumpulan ide atau gagasan atau aqidah ‘aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) dimana melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.”

Ali Syariati

“Pengertian ideologi merupakan suatu keyakinan-keyakinan atau gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, kelas sosial, bangsa atau suatu ras tertentu.”

Moerdiono

“Ideologi merupakan a system of ideas yang mana dapat mensistematisasikan seluruh pemikiran mengenai kehidupan ini serta melengkapinya dengan sarana dan kebijakan juga strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang menjadi induknya.”

Dari beberapa pengertian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa ideologi merupakan suatu gagasan atau ide pokok dimana membentuk suatu aturan dalam kehidupan yang wajib ditaati oleh suatu kelompok masyarakat atau negara.

Unsur Ideologi

Berdasarkan pengertian, kita dapat mengambil beberapa unsur-unsur dalam ideologi, diantaranya adalah:

  • Merupakan sekumpulan ide atau gagasan.
  • Disusun secara sistematis.
  • Bersumber dari pemikiran manusia.
  • Memiliki tujuan dan arah yang jelas
  • Merupakan pedoman tentang cara hidup manusia
  • Dianut dan ditaati oleh masyarakat.

Selain dari unsur-unsur di atas, Koento Wibisono, Guru Besar ilmu Filsafat Pancasila UGM, menyebutkan ada  tiga unsur esensial yang terdapat dalam ideologi, yaitu:

  • Keyakinan, yang artinya bahwa setiap ideologi akan selalu menunjuk ada-nya gagasan vital yang telah diyakini kebenarannya untuk dijadikan sebagai dasar dan arah strategi demi tercapainya tujuan yang diharapkan.
  • Mitos, yang artinya bahwa setiap konsep ideologi selalu memitoskan suatu ajaran yang secara optimis serta deterministik pasti akan menjamin terciptanya tujuan melalui cara-cara yang telah ditentukan pula.
  • Loyalitas, yang artinya bahwa setiap ideologi selalu akan menuntut keterlibatan optimal atas dasar loyalitas oleh para penganutnya.

Macam-macam Ideologi

Terdapat beberapa macam ideologi yang digunakan oleh negara-negara di dunia ini, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Ideologi Kapitalisme

Ideologi kapitalisme merupakan suatu gagasan dimana menjunjung tinggi kebebasan individu untuk melakukan akumulasi kapital individual. Singkatnya adalah ideologi ini melarang negara untuk ikut campur dalam upaya memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang. Artinya seseorang bisa saja memperkaya dirinya sendiri tanpa ada batasan yang menurut tokoh ideologi ini merupakan fitrah dari sifat manusia yaitu serakah.

2. Ideologi Liberalisme

Ideologi ini memiliki gagasan utama yaitu kebebasan individu serta menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Selain itu, hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

3. Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme merupakan ideologi yang dicetuskan oleh Karl Marx dimana memuat teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

4. Ideologi Sosialisme

Ideologi sosialisme ini merupakan ideologi yang mengutamakan kesetaraan sosial dimana pemerintah memiliki hak dan peran dominan atas individu. Berbanding terbalik dengan liberalisme, ideologi sosialisme tidak mengakui pengakuan atas hak milik pribadi.

5. Ideologi Nasionalisme

Ideologi nasionalisme ini mengusung gagasan utama kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat. Artinya, ideologi ini merupakan ideologi yang menuntut untuk bersikap bangga dan membela harkat dan martabat bangsa.

6. Ideologi Feminisme

Ideologi feminisme merupakan ideologi dengan gagasan perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.

Fungsi Ideologi Secara Umum

Ideologi tentu memiliki fungsi-fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi sebagai pemandu tindakan sosial individu di masyarakat.
  • Berfungsi sebagai sumber inspirasi norma dan nilai sosial dalam masyarakat
  • Berfungsi sebagai panduan bagi individu dalam menemukan identitas dirinya.
  • Berfungsi memotivasi bagi individu dalam menggapai tujuan hidupnya.

Demikian itulah penjelasan singkat mengenai ideologi dari pengertian, unsur-unsur, macam-macam dan fungsi ideologi. Semoga bermanfaat Terimakasih!

Source: BuahPikiran.info

 

Pengertian Ideologi, Unsur, dan Macam-macam ideologi

Semoga Bermanfaat
loading...

You May Also Like

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *