Pengertian Donasi dan Donatur

Pengertian donasi adalah sebuah pemberian dari perorangan atau badan hukum kepada pihak tertentu yang mempunyai sifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan yang bersifat keuntungan. Donasi Individual Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995), donasi dapat diartikan sebagai sumbangan tetap (berupa uang) dari penderma kepada perkumpulan, atau dapat juga diartikan sebagai pemberian atau hadiah.

Donasi berasal dari bahasa Inggris: donation yang secara etimologi berasal dari bahasa latin: donum. Donasi memiliki persamaan kata dengan sumbangan atau derma.

pengertian donasi

Pada umumnya donasi berbentuk secara fisik seperti berupa uang, makanan, barang, pakaian, mainan ataupun kendaraan. Akan tetapi tidak selalu demikian, donasi dapat dilakukan pula dalam bentuk pendanaan kehendak bebas. Misal pada peristiwa darurat bencana atau dalam keadaan tertentu lain donasi dapat berupa bantuan kemanusiaan atau bantuan dalam bentuk pembangunan. Dalam hal perawatan medis, donasi dapat pemberian transfusi darah atau dalam hal transplantasi dapat pula berupa pemberian penggantian organ.

Blog Kanal Informasi

Jenis Donasi

Beberapa jenis donasi yang sering dikumpulkan dan disalurkan adalah:

1. Donasi dalam Rangka Penanggulangan Bencana

Donasi yang diberikan untuk korban bencana nasional/daerah, disampaikan secara langsung melalui Badan Penanggulangan Bencana atau disampaikan secara tidak langsung melalui lembaga atau pihak yang telah mendapat izin dari instansi/lembaga yang berwenang untuk pengumpulan dana penanggulangan Bencana.

2. Donasi dalam Rangka Penelitian dan Pengembangan

Donasi yang diberikan untuk Penelitian dan Pengembangan yang dilakukan di wilayah Republik Indonesia yang disampaikan melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan.

3. Donasi Fasilitas Pendidikan

Donasi yang diberikan berupa Fasilitas Pendidikan atau dana yang disampaikan kepada Lembaga Pendidikan.

4. Donasi dalam Rangka Pembinaan Olahraga

Donasi yang diberikan untuk membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan suatu atau gabungan organisasi cabang/jenis Olahraga Prestasi yang disampaikan melalui Lembaga Pembinaan Olahraga.

5. Donasi dalam Rangka Pembangunan Infrastruktur Sosial

Donasi yang diberikan dalam bentuk dana atau sarana atau prasarana bagi keperluan antara lain rumah ibadah, sanggar seni budaya dan poliklinik.

6. Donasi Sosial Kemasyarakatan dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan

Donasi yang diberikan bagi keperluan pengentasan kemiskinan seperti pemberian bantuan berupa uang/barang kepada individu, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang sifatnya selektif dan tidak secara terus-menerus.

7. Donasi dalam Rangka Pelestarian Alam/Lingkungan Hidup

Donasi yang diberikan dalam bentuk dana atau sarana atau prasarana bagi keperluan pelestarian alam/lingkungan hidup yang disampaikan melalui kelompok atau organisasi yang bergerak di bidang Pelestarian Alam/Lingkungan Hidup atau instansi Pemerintah/program Pemerintah.

8. Donasi untuk keperluan kegiatan sosial.

Dana dihimpun yang akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Salah satu contoh badan dunia yang mengelola donasi adalah UNICEF (United Nations Children Emergency Fund). Donasi akan digunakan untuk mendanai semua kegiatan UNICEF. Untuk donatur rutin, ada cara berhenti donasi Unicef.

Pengertian Donatur

Donatur adalah orang yang memberikan donasi (sumbangan) berupa dana kepada suatu perkumpulan dan sebagainya. Masyarakat atau pihak yang menyumbang disebut dengan donatur. Pada umumnya, donatur suatu lembaga atau yayasan mempunyai beberapa hak untuk dapat mengetahui secara jelas mengenai penggunaan dana sumbangan yang telah mereka berikan kepada yayasan.

Diantara hak-hak donatur adalah memiliki akses laporan pengelolaan dana terkini dan diberitahu tentang misi, kinerja, pengurus juga perkembangan dari lembaga yang diberi donasi. Dalam penyampaian informasi tersebut, dibutuhkan sistem informasi yang efektif agar informasi dapat tersampaikan secara cepat, tepat dan akurat.

 

Pengertian Donasi dan Donatur

Loading...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *