4 Teknik Dasar Bola Voli yang Harus Dikuasai Pemula, Gampang!

Teknik Dasar Bola Voli

Permainan bola voli adalah permainan olahraga yang dilakukan secara beregu dengan masing-masing tim berjumlah enam orang. Masing-masing pemain memiliki tugas untuk menjaga area masing-masing.

Bagi pemain pemula, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai  terlebih dahulu agar dapat mengikuti permainan dan memenangkan pertandingan bola voli.

Teknik dasar bola voli terdiri atas empat gerakan yang mudah dilakukan oleh pemula meliputi servis, passing, spike, dan block. Namun, bagi atlet profesional biasanya teknik bola voli yang digunakan digabungkan dengan teknik tingkat tinggi.

Teknik Dasar Bola Voli

Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara bermain bola voli, berikut ini Indozone bagikan teknik dasar bola voli bagi pemain pemula yang harus kamu kuasai.

1. Servis

Saat bermain bola voli, teknik dasar paling utama yang harus kamu kuasai adalah servis, yaitu pukulan tangan yang menandakan dimulainya permainan.

Servis perlu mengandalkan kekuatan dan akurasi yang baik agar menghasilkan pukulan yang sulit dihalau lawan, sehingga berhasil mendapatkan poin.

Berikut ini indozone membagikan beberapa jenis servis yang perlu kamu ketahui dalam permainan bola voli, yakni sebagai berikut:

  • Servis bawah. Pegang bola di tangan kiri, posisikan di depan badan sejajar pinggang. Pukul bola menggunakan tangan kanan yang dikepal dan diayunkan dari belakang ke depan.
  • Servis atas. Sesuai dengan namanya, servis ini dilakukan saat bola berada di atas, serta dapat digabungkan dengan teknik lainnya seperti floating dan jumping service.
  • Floating service. Floating artinya mengapung, jadi pemain harus melambungkan bola hingga ke atas kepala, lalu dipukul sampai bola melesat ke depan dan melewati net.
  • Jumping service. Pemain melambungkan bola ke atas lalu melompat dan melakukan pukulan dengan kuat. 

2. Passing

Teknik dasar permainan bola voli selanjutnya yaitu passing, untuk menerima, menangkis, dan mengembalikan serangan lawan.

Selain itu, passing juga dapat dilakukan untuk mengoper bola dan memberikan  memberikan umpan kepada pemain satu tim.

Terdapat beberapa jenis passing dalam permainan bola voli yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Passing atas. Bola diterima dengan kedua tangan, lalu dilambungkan kembali ke arah yang diinginkan. Biasanya passing atas diberikan kepada rekan satu tim yang hendak melakukan smash.
  • Passing bawah. Dilakukan jika bola jatuh pada tubuh bagian bawah. Teknik ini dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan sekaligus. Jika menggunakan dua tangan, pilih jari kiri menggenggam jari kanan (the dig) atau jari kiri mengepal jari kanan dengan posisi kedua ibu jari berada di atas (thumb over palm).

3. Smash (spike)

Smash atau spike pada umumnya dilakukan untuk melakukan pukulan serangan terhadap tim lawan, sehingga teknik bola voli ini paling sering menghasilkan poin.

Namun, cara melakukan smash dalam permainan bola voli cukup sulit dikuasai karena membutuhkan konsentrasi, kekuatan, dan keakuratan.. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Berdiri dengan posisi salah satu kaki di belakang dan badan sedikit menunduk
  • Saat bola sudah di depan tubuh, lakukan lompatan setinggi bola
  • Pukul bola dengan gerakan pergerakan tangan 

4. Blocking

Blocking merupakan teknik dasar bola voli yang berguna untuk menghalangi serangan smash dari tim lawan.

Teknik ini dilakukan dengan mengangkat lengan setinggi mungkin untuk menghalau datangnya bola sekaligus memantulkan kembali bola ke arah lawan.

Sumber kekuatan blocking terletak pada kedua telapak tangan, semakin kuat telapak tangan kita makan semakin  sedikit persentase masuknya bola.

Agar teknik blocking berhasil, sebaiknya pemain berdiri dekat dengan net, supaya ruang tembak smash yang dilakukan lawan makin sempit dan persentase masuk bola semakin kecil.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai teknik dasar bola voli yang harus dikuasai oleh pemain pemula. Selamat mencoba!

 

4 Teknik Dasar Bola Voli yang Harus Dikuasai Pemula

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.