Pengertian Nitrogen Dan Manfaat Untuk Ban Kendaraan

Pengertian nitrogen secara umum adalah gas inert atau suatu zat yang tidak bereaksi secara kimiawi. Nitrogen tidak berwarna, tidak berbau, yang biasanya berwujud cair atau gas (dimungkinkan dibentuk secara padat). Dalam tabel periodik, Nitrogen merupakan salah satu unsur kimia  yang memiliki lambang N dan nomor atom 7.

Pengertian Nitrogen Dan Manfaatnya

Sebagian dari udara terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan sejumlah kecil gas lainnya. Meskipun tubuh manusia tidak memerlukan nitrogen, namun nitrogen sangat membantu dalam berbagai aplikasi industri seperti pertanian untuk pertumbuhan tanaman dan merupakan tambahan utama dalam pupuk, hingga membantu dalam dunia otomotif untuk mengisi angin ban kendaraan.

Pengertian Nitrogen (N2) sebagai gas udara murni yang sudah tersaring dan sangat sedikit kandungan air di dalamnya sangat penting untuk ban kendaraan karena tekanan ban akan lebih stabil sehingga dibawa berakselerasi kendaraan jadi lebih ringan.

Manfaat Nitrogen Untuk Ban Kendaraan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Nitrogen merupakan gas udara yang sudah tersaring serta sedikit memiliki kandungan air namun mempunyai suhu yang lebih dingin, lebih ringan sehingga nitrogen lebih dapat “mengisi” komposisi udara dalam ruang ban kendaraan. Hal ini menyebabkan ban akan menjadi lebih ringan serta membuat tekanan ban akan lebih stabil.

Blog Kanal Informasi

Sementara itu, angin biasa terdapat kandungan air yang bisa menguap saat suhu sedang panas. Udara dalam tekanan angin biasa akan berubah menjadi air yang membuat bobot ban menjadi lebih berat sehingga bisa menjadi penyebab ban sobek atau pecah ban akibat terlalu berat menahan beban serta lebih cepat aus.

Beberapa keuntungan mengisi ban dengan Nitrogen dibandingkan dengan angin biasa.

Ban menjadi lebih awet dan tahan lama karena mendapat tekanan angin yang stabil dan awet sehingga lebih jarang untuk mengisi angin.

Ban tetap stabil karena tekanan udara yang relatif lama habis sehingga menyebabkan daya cengkram ban di aspal jadi lebih kuat sehingga lebih aman untuk melaju.

Mampu menghemat konsumsi bahan bakar karena ban yang memiliki tekanan udara lebih ringan, otomatis membuat bobot kendaraan lebih ringan saat melaju.

Mencegah kelebihan beban berlebihan pada ban yang bisa mengakibatkan ban menjadi cepat sobek dan pecah

Minimnya kandungan air dari angin nitrogen membuat pelek ban lebih awet karena terhindar dari karat.

Belakangan ini sudah banyak orang lebih memilih mengisi angin nitrogen dibandingkan dengan angin biasa, terutama untuk kendaraan baru entah itu mobil maupun motor. Banyak referensi yang mengatakan bahwa nitrogen itu lebih baik dibandingkan angin biasa.

Catatan: jika hendak mengganti angin biasa ke nitrogen, sebaiknya kuras dulu angin yang lama, pastikan sudah tidak ada angin yang tersisa, kemudian baru diisi dengan angin nitrogen.

 

Pengertian Nitrogen Dan Manfaat Untuk Ban Kendaraan

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *