Kapan Waktu Untuk Tune Up Mobil yang Baik?

kapan mobil harus di tune up

Tune up mobil adalah kegiatan perawatan kendaraan kita, yang dilakukan tidak sesering saat kita melakukan servis mobil. karena itulah mengapa tune up sering diabaikan dan sering terlupakan oleh kita. Untuk itu kita akan membahas perbedaan tune up dengan servis mobil.

Perbedaan Antara Tune Up Dan Servis Berkala Mobil

Service berkala, saat kita melakukan service mobil yang dilakukan dengan jadwal tertentu. Dan jadwal ini tidaklah terlalu lama. Sesuai dengan panduan yang ada pada buku panduan kendaraan.

Bahkan beberapa item yang harus di servis satu kali sebulan. Servis wajib dilakukan untuk menjaga agar mobil tidak mengalami kerusakan.

Dengan Komponen kendaraan khususnya mobil yang harus dicek dengan rutin dan melakukan penggantian oli. Untuk kenyamanan kita saat berkendara,  di tengah kemacetan maupun saat berkendara jarak jauh. Seperti mudik hari raya atau berlibur keluar kota.

Sedangkan pengertian tune up pada mobil saat kita melakukan penyetelan ulang pada semua komponen mobil. Istilah kata ini berasal dari kata tune dan up yang memiliki arti mengatur kembali. Sebuah mobil perlu dilakukan penyetingan semua komponennya setelah lama digunakan.

Untuk menjaga kondisi mobil tetap baik. Manfaat dari tune up pada mobil adalah yaitu agar kinerja mesin mobil bisa lebih maksimal saat di gunakan lagi. Dengan kita yang melakukan kedua jenis perawatan pada mobil ini, maka mobil kita akan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Perbedaan Pengecekan Antara Tune Up Dengan Servis Mobil

Perbedaan selanjutnya antara tune up dengan servis mobil adalah jenis pemeriksaan yang dilakukan antara servis dan tune up sangat berbeda. Ada beberapa bagian dari tune up yang tidak dicek saat melakukan servis.

Bagian yang ini harus diketahui agar tahu benar bahwa komponen apa saja yang harus  dilakukan pengecekan. Apa saja yang akan diperiksa saat proses servis mobil Berikut penjelasannya penjelasannya tune up pada mobil.

  • Mengecek pada sistem aki mobil
  • Mengecek stir mobil kelancaran pada stir mobil yang masih berjalan normal.
  • Mengecek baut di setiap roda.
  • Mengecek mesin idle.
  • Mengecek tekanan angin roda. Juga diperiksa secara rutin.
  • Membersihkan filter AC pada mobil yang sudah terkontaminasi gas beracun.
  • Sedangkan servis yang dilakukan secara berkala pada mobil biasanya dilakukan pengecekan.
  • Throttle Body dan Karburator, Bagian ini juga perlu diperiksa untuk mengecek RPM sekaligus.
  • Celah pada Busi.
  • Celah pada Katup
  • Penggantian fluida.
  • aki pengecekan pertama yang dilakukan oleh teknisi adalah aki mobil.

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Tune Up Mobil

Tidak sesering servis berkala. Namun melakukan tune up untuk mobil kesayangan kita sangat penting dan wajib juga kita lakukan. Untuk memastikan mesin mobil tetap berjalan baik dan mulus. Melakukan tune up sangat penting

Melakukan tune up tak kalah penting dengan servis berkala. Dan harus di lakukan di bengkel terbaik dan terpercaya agar mobil kita ditangani dengan baik dan benar tidak asal asalan saja. Pilihlah bengkel mobil yang sudah memiliki reputasi yang baik di Otoklix untuk mendapatkan informasi terlengkap mengenai bengkel mobil terbaik di sekitar anda.

Tidak hanya itu dengan kita booking jauh hari kita juga bisa mendapatkan bonus dan diskon menarik. Serta hanya bengkel bengkel terbaik yang mampu memberikan garansi. Dan menjamin apa yg dikerjakan bukan hanya omongan kosong saja.

Nah. Untuk memilih waktu yang tepat melakukan tune up. Perlu diperhatikan  saat mobil sudah memberikan sedikit tanda. Seperti menyalakan mobil sudah susah. Baiknya langsung melakukan tune up. Jangan sampai menunggu mobil sampai mengalami kerusakan yang fatal. Karena melakukan tune up juga tak kalah pentingnya. Yang harus dilakukan sebelum mobil mengalami kerusakan. Atau bisa kita lakukan enam bulan sekali atau satu tahun sekali. Atau bisa juga setelah dan sebelum melakukan perjalanan yang panjang.

Dampak Fatal Saat Lupa Tune Up.

Sekalipun nampak sering dilupakan, padahal tune up pada mobil sangat penting sekali. Jika tidak dilakukan akan berdampak sangat fatal. Dan membahas. Dampak negatif apa saja yang mungkin terjadi saat kita lupa tune up?  Berikut penjelasannya,

  • Kualitas mesin yang menurun, dan daya pegas mobil juga akan terganggu.
  • Sistem kelistrikan yang akan terganggu. Dan menjalar ke komponen lain yang menggunakan daya listrik. Seperti stater mobil. Lampu dan lainnya.
  • Mobil jadi boros.

Membahayakan penumpang dan Pengemudi. Tidak hanya kenyamanan saat berkendara. Kita juga harus mementingkan keselamatan saat berkendara. Pengeluaran lebih banyak saat mobil terlanjur rusak parah.

jangan sampai menunggu mobil mengalami kerusakan yang lebih parah. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih besar. Lakukan servis dan tune up. Tanpa menunggu kerusakan yang terjadi. Kenyamanan dan keamanan saat berkendara sangatlah penting.

 

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Tune Up Mobil

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.