Pengertian Siber (Cyber)

Pengertian siber (cyber) adalah sesuatu yang berhubungan dengan sistem komputer dan informasi. Dalam perkembangannya, siber dapat diartikan yang berhubungan dengan internet.

pengertian siber cyber

Istilah Siber dapat berhubungan dengan semua aspek komputasi, termasuk menyimpan data, melindungi data, mengakses data, memproses data, mentransmisikan data dan menghubungkan data.

Istilah siber dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Inggris Cyber yang merupakan kata singkatan dari cybernetics yaitu ilmu komunikasi dan sistem kontrol otomatis pada mesin dan makhluk hidup (sibernetika).

Sedangkan secara etimologi cybernetics berasal dari bahasa Yunani “kybernēt” yang berarti “terampil dalam mengatur atau memerintah”

Penggunaan kata Cyber dapat sebagai kata awalan yang ditulis sebagai satu kata (cyberspace) atau sebagai kata hyphenated (cyber-space). Selain itu dapat digunakan sebagai kata sifat mandiri, atributif  dengan dua kata (misalnya cyber space).

Beberapa Istilah Cyber

Berikut ini beberapa istilah yang menggunakan kata siber (cyber).

Cyberspace (Ruang siber) adalah ruang dimana komunitas saling terhubung menggunakan jaringan (misalnya internet) untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Cyberphobia adalah ketakutan terhadap komputer yang tidak rasional.

Cyberpunk adalah genre fiksi ilmiah yang sangat mengandalkan ide-ide ilmu komputer.

Cyber University (kampus siber) kampus atau perguruan tinggi yang dikembangkan dengan berbasis teknologi dan informasi. Salah satu contoh UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

National cyber security (Keamanan Siber Nasional) adalah segala upaya dalam rangka menjaga kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan informasi serta seluruh sarana pendukungnya di tingkat nasional, yang bersifat lintas sektor.

Cyber defense (Pertahanan siber) adalah suatu upaya untuk menanggulangi serangan siber yang menyebabkan terjadinya gangguan terhadap penyelenggaraan pertahanan negara.

Cyber Attack (Serangan siber) adalah serangan untuk mengganggu, menonaktifkan, menghancurkan, atau mengendalikan lingkungan komputasi atau untuk mengakses informasi yang dikendalikan.

Cyber crime (Kejahatan siber) adalah kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi atau yang menargetkan teknologi informasi.

Cyber Law (hukum siber) yaitu hukum yang menyangkut teknologi informasi, termasuk komputasi dan internet.

CDC Cyber berbagai komputer mainframe

Cyberbullying adalah Penindasan di dunia maya , intimidasi, atau pelecehan menggunakan cara elektronik

Cybercafé adalah bisnis yang menyediakan akses internet

Cyberculture, budaya yang muncul berdasarkan penggunaan jaringan komputer

Cyberstalking merupakan penggunaan Internet atau sarana elektronik lainnya untuk membuntuti atau melecehkan individu, kelompok, atau organisasi

Cyber Party adalah partai politik yang diciptakan oleh John McAfee untuk Pemilihan Presiden AS 2016

Penggunaan istilah yang berkaitan dengan siber (cyber) akan terus bertambah seiring dengan perkembangan dan kemajuan dunia siber.

 

Pengertian Siber (Cyber)

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *