Jumat, 10 Maret 2017

Apakah Barista Itu?

Mungkin orang awan kurang mengenal dengan istilah Barista. Namun bagi pencinta kopi tulen (bukan hanya penikmat kopi belaka) pasti tahu, apakah barista itu?

Secara umum, pengertian barista adalah orang yang memiliki ketrampilan dalam menyiapkan dan menyajikan kopi espresso secara profesional. Secara teknis pengertian barista adalah orang yang sudah terlatih secara professional untuk membuat espresso, serta memiliki keahlian dalam meracik kopi-kopi dengan berbagai campuran seperti kopi latte atau cappuccino.

Secara etimologi, istilah barista berasal dari Bahasa Italia yang artinya orang yang menyajikan minuman (bartender). Di Italia sebutan untuk barista laki-laki adalah baristi dan untuk perempuan disebut bariste. Seiring perkembangan waktu dan masuknya tren kopi ke Amerika dan Eropa, kata barista kemudian diadopsi menjadi sebutan untuk peracik kopi. 

Apakah Barista Itu?


Popularitas barista semakin meningkat seiring dengan perkembangan kopi yang kian tahun kian meningkat. Bahkan gengsi dan popularitas para peracik kopi di negara yang memiliki kultur minum kopi, seorang barista bahkan bisa memperoleh penghasilan yang fantastis.

Meskipun pekerjaannya terlihat sepele membuat dan menyiapkan minuman berbagai jenis kopi, namun untuk menjadi barista bukanlah perkara mudah. Diperlukan latihan demi latihan, bahkan tak jarang mereka mengikuti kelas-kelas dan pelatihan barista selama bertahun-tahun.

Umumnya tugas barista adalah membuat dan menyiapkan aneka minuman kopi dengan menggunakan mesin espresso yang cenderung rumit atau secara manual di kafe, kedai-kedai kopi, bar-bar kopi atau coffee shop. Namun mereka juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kopi dan variasi campuran kopi agar bisa menyiapkan secangkir kopi yang nikmat. Selain itu, diperlukan skill atau keterampilan tambahan lagi untuk meramu apakah campuran kopi harus di-froth, di-steam atau di-foam.

Barista bukan hanya sekedar orang yang “bertugas” untuk membuat kopi di kedai kopi. Lebih dari itu, mereka adalah seniman.

Tidak heran, kemudian lahirlah kompetisi barista kelas dunia yang sekarang dikenal dengan World Barista Championship (WBC). Kompetisi ini rutin digelar setiap tahun di berbagai negara berbeda. Sebelum berkompetisi di ajang WBC, biasanya masing-masing partisipan wajib mengikuti dulu kompetisi serupa di negara mereka untuk bisa diperhitungkan masuk ke WBC.


Disarikan dari majalah.ottencoffee.co.id


Pengertian Barista - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...