Jumat, 07 Oktober 2016

Pengertian Karies Gigi dan Rampan Karies

Pengertian Karies gigi adalah suatu penyakit infeksi pada jaringan keras gigi yaitu email, dentin dan sementum yang disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik yang memfermentasikan karbohidrat menjadi asam sehingga menyebabkan demineralisasi pada email. Karies gigi merusak struktur gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Tanda-tanda karies adalah adanya demineralisasi jaringan keras gigi yang kemudian diikuti oleh kerusakan bahan organiknya.Kerusakan ini dapat menyebabkan terjadi invasi bakteri dan kematian pulpa bahkan penyebaran infeksinya ke jaringan periapeks. Jika tidak ditangani, karies gigi dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, Dalam beberapa kasus, penyakit ini berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.




Faktor–faktor Penyebab Karies Gigi


1. Plak Gigi

Plak gigi merupakan lapisan yang lengket dan berisi bakteri beserta produknya yang terbentuk pada semua permukaan gigi. Bakteri yang menempel ini dapat terjadi melalui serangkaian tahapan.

2. Karbohidrat


Karbohidrat yang menempel pada permukaan gigi dapat berubah menjadi masa asam yang mengakibatkan demineralisasi email. Karbohidrat ini substrat untuk pembuatan asam bagi bakteri dan sintesa polisakarida ekstra sel.

3. Permukaan gigi

Plak yang mengandung bakteri merupakan awal terbentuknya karies oleh karena itu gigi yang memudahkan perlekatan plak sangat mungkin terkena karies seperti pada gigi molar1terdapat fit dan fissure.

4. Waktu

Waktu sangat berpengaruh terhadap terjadinya karies. Substrat (molekul organik yang telah siap bereaksi) yang menempel pada permukaan gigi apabila tidak dibersihka akan difermentasi oleh bakteri menjadi masa asam dalam waktu tertentu.

5. Keturunan

Menurut penelitian, dari 12 pasang orang tua dengan keadaan gigi yang baik, terlihat bahwa anak–anak dari 11 pasang orang tua memiliki keadaan gigi yang cukup baik. Dari 46 pasang orang tua dengan persentase karies yang tinggi, hanya 1 pasang yang memiliki anak dengan gigi yang baik.

6. Jenis kelamin

Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh Milham-Turkehem (1996) pada gigi laki–laki dan perempuan di peroleh kesimpulan bahwa presentase karies gigi pada wanita lebih tinggi di banding dengan laki–laki.

7. Umur

Umur digunakan dalam salah satu faktor terjadinya karies gigi yang terbagi dalam 3 fase, yaitu:

  • Fase I anak-anak yang paling sering terkena karies karena gigi ini yang paling pertama tumbuh 
  • Pase II pubertas (remaja) umur antara 14-20 tahun yaitu masa pubertas terjadi perubahan hormonal yang dapat menimbulkan pembengkakan gusi, sehingga kebersihan mulut menjadi kurang terjaga. Inilah yang menyebabkan presentase karies lebih tinggi pada fase ini.
  • Pase III antara 40-50 tahun pada umur ini sudah terjadi retraksi atau menurunnya gusi dan papilla sehingga, sisa-sisa makanan sering lebih sukar dibersihkan,sehingga yang pada akhirnya menjadi salah satu penyebab terjadinya karies

8. Saliva (air liur)

Pengaruh saliva terhadap gigi sudah lama diketahui terutama dengan mempengaruhi kekerasan email. Air liur atau Saliva ini dikeluarkan oleh kelenjar parotis, kelenjar sublingualis dan kelenjar submandibularis selama 24 jam. Dalam saliva terdapat enzim-enzim yang bersifat bakteriostatis yang dapat membuat beberapa bakteri mulut menjadi tidak berbahaya, oleh karena itu seseorang yang hiposalivasi atau terkena xerostomia akan lebih rentan terkena karies.

Pengertian Rampan Karies 


Pengertian rampan karies adalah karies yang terjadi dengan sangat cepat dan meluas pada gigi sehingga mengenai syaraf gigi dan daerah mahkota gigi. Umumnya terjadi pada anak-anak dan sering menimbulkan rasa sakit sehingga anak sulit makan dan rewel.

Penyebab rampan karies pada anak lebih sering terjadi pada anak yang minum susu melalui botol pada waktu tidur. Dengan demikian cairan susu yang diminum anak sewaktu tidur akan tergenang di dalam mulut dalam waktu yang lama. Selain itu, kebiasaan anak yang sering menahan makanan didalam mulut akan menyebabkan karies akan cepat muncul.

Sumber: Sartika Dewi, Laporan Penelitian di TK Dharma wanita Universitas Hasanudin, Maskasar 2012.


Pengertian Karies Gigi dan Rampan Karies - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...