Penjelasan Lengkap tentang UIPath dan Cara Kerjanya

Apa itu UIPath? Bagi yang belum tahu, UIPath merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk membantu manusia dalam memasukkan segala jenis data secara berulang-ulang dangan tingkat kecepatan dan ketelitian sangat tinggi.  UIPath sering juga dikenal dengan istilah UIPath RPA (Robotic Process Automation).

Jenis Aplikasi UIPath

3 Jenis Aplikasi UIPath

UIPath sendiri mempunyai 3 jenis aplikasi, masing-masing mempunyai cara kerja sendiri. Ketiga aplikasi tersebut di antaranya UIPath Studio, UIPath Robot, dan UIPath Orchestrator. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. UIPath Studio

UIPath Studio bekerja untuk mengartikan beberapa data seperti algoritma, library, rangkaian pekerjaan, dan task. Setelah menerjemah beberapa data tersebut, baru kemudian dilakukan otomasi.

2. UIPath Robot

Tugas dari apalikasi ini adalah untuk mengerjakan workflow. Workflow sebelumnya didesain dengan aplikasi UIPath Studio. Setidaknya terdapat 2 macam UIPath Robot, yaitu:

  1. Attended Automation: bertugas untuk menjalankan otomasi sesuai dengan perintah dari manusia.
  2. Unattended Automation: proses otomasi dijalankan sesuai dengan waktu atau keadaan yang telah ditetapkan sebelumnya menggunakan UIPath Orchestrator.

3. UIPath Orchestrator

Fungsi dari UIPath Orchestrator adalah untuk mengawasi, mengatur, dan menetapkan jadwal pekerjaan yang dikerjakan melalui UIPath Robot.

Jenis Pekerjaan yang Dilakukan oleh UIPath

Beberapa pekerjaan manusia dapat dengan cepat diselesaikan oleh UIPath RPA. Apa saja jenis pekerjaannya itu? Simak ulasan di bawah ini.

Memindah File ke Folder

UIPath Indonesia bisa memindahkan berbagai macam file seperti dokumen ke folder lain. Proses pemindahan file ke folder adalah  dengan mengartikan rangkaian kerja menggunakan UIPath Studio.

Rangkaian kerja tersebut antara lain: Menciptakan variable untuk menetapkan folder asalnya, menciptakan variable untuk menghitung jumlah file, menciptakan proses repetisi/pengulangan pemindahan file, dan menciptakan sebuah aktivitas untuk menentukan folder target.

Otomasi Web

Contoh otomasi web yaitu merekam dan membaca data suatu website kemudian menyimpannya dalam file berformat CSV. Urutan kerjanya melalui UIPath Studio yaitu: menggunakan alat data scrapping lalu memilih data yang akan diseleksi, dan menggunakan proses Write CSV untuk menentukan letak penyimpanan data.

Otomasi File PDF

Otomasi file PDF menggunakan UIPath RPA adalah untuk menyimpan file gambar dan teks dari file PDF ke file Teks atau di Kotak Pesan. Otomasinya meliputi: menentukan jenis file PDF yang akan diambil datanya; ada dua jenis file PDF yaitu teks saja dan teks dengan gambar. Otomasi lainnya adalah mendeteksi tempat file yang akan diotomasi, dan tempat untuk penyimpanan hasil ekstrak data PDF.

Otomasi Excel

Otomasi Excel contohnya adalah mengisi data melalui Google Form menggunakan data yang tersimpan di dalam file CSV.

Otomasi Email

Otomasi pada Excel menggunakan UIPath Indonesia salah satu contohnya adalah menyimpan lampiran dengan keyword tertentu sejumlah 30 email paling atas ke dalam subject email.

UIPath Studio mengerjakan beberapa proses urutan otomasi antara lain: menciptakan variable untuk menyimpan data dari email lalu memasukkan kata kunci, memasukkan kata kunci ke subjek email dan menggunakan pengulangan IF-ELSE, di dalam pengulangan IF aplikasikan perintah simpan lampiran dan pilih tempat penyimpanan data.

UIPath mempunyai peran yang cukup krusial untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya dengan otomatis, cepat, dan akurat. Dengan bantuan software UIPath RPA, kini pekerjaan berat dan banyak terasa lebih ringan dan tidak membuat pusing.

 

Penjelasan Lengkap tentang UIPath dan Cara Kerjanya

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *