Cara Merawat Genset Supaya Tidak Mudah Rusak

Di tempat Anda sering mati lampu? Atau mungkin Anda butuh daya listrik cadangan untuk tempat bisnis? Jika ya, maka genset atau generator set bisa menjadi solusi yang tepat. Anda bisa menemukan supplier yang tempat jual genset melalui website Indotrading.com.

Cara Merawat Genset

Genset dapat menghasilkan daya listrik sesuai kebutuhan. Baik untuk rumah tangga, toko, kantor, maupun perusahaan/ institusi skala besar, tergantung berapa jumlah daya yang dihasilkan.

Fungsi genset akan semakin dibutuhkan, terutama jika di tempat Anda banyak peralatan elektronik yang harus selalu menyala. Sayangnya, jika perawatan salah, genset lama-lama juga mudah rusak. Jangan sampai itu terjadi, ya! Maka itu, yuk cek cara merawat genset supaya tidak gampang rusak di bawah ini:

1. Perawatan Rutin

Langkah pertama adalah memperhatikan pemeliharaan genset sehari-hari. Genset sebaiknya ditempatkan di tempat yang kering dan ternaungi. Pilih tempat teduh yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan jauh dari air.

Selain itu, pastikan ruangan penyimpanan genset juga tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Untuk genset baru, baca terlebih buku manual atau buku panduan untuk mengoperasikan dengan benar. Jika tidak, pengoperasian yang salah bisa menyebabkan kerusakan yang permanen.

Yang tak kalah penting, adalah selalu menjaga kebersihan genset secara teratur. Terkadang, genset bisa terpapar debu, minyak, atau kotoran lain yang menempel. Dan dengan membersihkan genset, kondisi mesin maupun permukaan luar genset akan lebih awet tahan lama.

2. Operasional Genset

Sebelum mengoperasikan genset pertama kali, baca buku manual terlebih dulu. Ketika dirasa ada yang janggal atau tidak berfungsi semestinya, ganti segera spare part genset agar kerusakan tidak merembet ke bagian mesin lainnya.

Jangan ragu untuk bertanya atau membawa genset ke teknisi berpengalaman dan profesional. Sehingga, genset dapat segera ditangani.

Perhatikan juga instalasi pengkabelan genset secara rutin. Sebab, menjadi bagian perlengkapan yang utama pada fungsi mesin genset.

3. Memastikan Adanya Bahan Bakar

Mesin genset tidak akan bisa menyala tanpa bahan bakar. Tetapi, jika sudah diisi penuh sebaiknya juga mesin genset harus dinyalakan secara teratur untuk memanaskan mesinnya agar tetap awet tahan lama.

Jika Anda memiliki genset sebagai cadangan listrik dan jarang dipakai, cek kembali bahan bakarnya minimal 6 bulan sekali. Sebab, bila mesin genset hanya dibiarkan begitu saja, bisa berkarat dan cepat rusak.

Jangan lupa pula memeriksa bagian pompa bahan bakar, regulator tegangan otomatis, serta injector dan turbo chargernya.

4. Cek Air Destilasi Baterai

Di bagian baterai destilasi, terdapat air khusus yang harus diisi ulang secara rutin tiap beberapa waktu tertentu. Umumnya, isi ulang ini harus dilakukan sekitar 2- 4 tahun sekali tergantung kondisi genset.

Jika tidak dilakukan isi ulang air destilasi baterai, maka fungsi dan kinerja mesin genset bisa saja terhambat sehingga kurang optimal, bahkan cepat rusak.

5. Mengganti Oli Mesin

Terakhir yang harus diperhatikan adalah penggantian oli mesin genset. Setelah beberapa waktu, oli genset biasanya akan berkurang, maka itu harus diperiksa dan dicek secara rutin agar tidak sampai kering atau bahkan kehabisan. Jika oli sudah terlihat keruh dan kotor, lakukan penggantian oli. Misalnya setiap 5-6 bulan sekali.

Dimana Tempat Jual genset Berkualitas dan Harga Bersahabat?

Anda sedang mencari tempat jual genset yang berkualitas dengan harga terjangkau? Indotrading.com adalah jawabannya.

Indotrading merupakan marketplace B2B tempat bertemunya supplier jual genset berkualitas dengan pembeli secara langsung. Maka itu, harga genset yang Anda dapatkan juga lebih murah dibandingkan toko atau tempat lainnya. Yuk, klik Indotrading sekarang dan dapatkan penawaran terbaik dari para supplier jual genset terpercaya seluruh Indonesia.

 

Cara Merawat Genset Supaya Tidak Mudah Rusak

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *