Pengertian Harmoni

Pengertian harmoni secara umum adalah suatu perpaduan dari bentuk apapun yang menghasilkan keselarasan. Harmoni dapat diartikan sama dengan keselarasan, kesesuaian, kecocokan dan keseimbangan.

Secara etimologi, kata Harmoni berasal dari bahasa Yunani, yaitu harmonia yang berarti terikat secara serasi dan sesuai.

Harmoni memiliki makna positif, sehingga segala sesuatu yang baik dapat di terjemahkan ke dalam istilah harmoni. Segala sesuatu hendaknya senantiasa serasi, selaras, seimbang.

Pengertian Harmoni, Harmonis dan Harmonisasi

Blog Kanal Informasi

Pengertian Harmoni Menurut Disiplin Ilmu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbud, harmoni berarti pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian.

Istilah harmoni sering digunakan untuk bidang kajian tertentu seperti dalam filsafat, psikologi, sosial, hukum, musik, dan lain sebagainya, yang secara prinsip sama yaitu sebagai perpaduan dari bentuk apapun untuk menghasilkan keselarasan.

Harmoni Dalam Filsafat

Menurut arti filsafat, harmoni diartikan sebagai kerjasama antara berbagai faktor yang sedemikian rupa, hingga faktor-faktor tersebut menghasilkan kesatuan yang luhur. Misalnya antara jasad seorang manusia hendaknya harus ada harmoni, kalau tidak belum dapat disebut pribadi.

Harmoni Dalam Psikologi

Menurut arti psikologis, harmoni diartikan sebagai keseimbangan dan kesesuaian segi-segi dalam perasaan, alam pikiran dan perbuatan individu, sehingga tidak terjadi hal-hal ketegangan yang berlebihan.

Harmoni Dalam Ilmu Sosial

Istilah harmoni diartikan juga sebagai pola yaitu usaha untuk mempertemukan berbagai pertentangan dalam masyarakat yang dikenal dengan istilah Harmoni Sosial. Harmoni menjadi faktor paling penting di dalam kehidupan masyarakat majemuk. Baca Kehidupan Harmoni Atas Kesamaan Manusia

Harmoni Dalam Hukum

Harmoni hukum merupakan suatu proses keselarasan dalam pembentukan peraturan perundang- undangan untuk mengatasi batasan-batasan perbedaan, hal-hal yang bertentangan dan kejanggalan di antara norma-norma hukum di dalam peraturan perundang-undangan sebagai subsistem dalam kerangka sistem hukum.

Harmoni Dalam Seni Musik

Harmoni berarti paduan nada, yaitu paduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dibunyikan secara serentak.

Pengertian harmoni musik dijelaskan sebagai salah satu dari teori musik yang membahas atau mengajarkan tentang cara bagaimana untuk menyusun sebuah rangkaian achord sehingga musik tersebut enak didengar dengan nada yang selaras.

 

Pengertian Harmoni

Loading...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *