7 Tips Agar Lulus Tes IELTS Dengan Skor Maksimal

Tips Agar Lulus Tes IELTS – Faktanya, ada banyak orang yang dapat berbahasa Inggris tetapi tidak mendapat nilai yang memuaskan ketika mengikuti belajar IELTS Jakarta.

Tes IELTS

Hal itu karena dalam menghadapi tes, kita masih perlu melakukan beberapa cara supaya tidak kehilangan konsentrasi dan kehabisan waktu.

3 Tips Agar Lulus Tes IELTS

Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar lulus tes IELTS dengan nilai memuaskan. Tips berikut ini tentunya dapat dilakukan dengan catatan bahwa kamu juga sudah mendapat materi yang cukup.

1. Mencetak materi dalam bentuk kertas

Belajar melalui materi buku lebih baik dibanding belajar melalui materi digital. Oleh karena itu, apabila kita memiliki materi dalam bentuk pdf atau sejenisnya, sebaiknya dicetak dalam bentuk lembaran kertas.

Belajar menggunakan materi tertulis, misalnya buku cambridge, akan membuat kita dapat menulis catatan di kertas tersebut. Selain itu, situasi mengerjakan soal dalam materi belajar yang tercetak akan membuat kita merasa lebih nyata dengan tes asli.

2. Mencatat skor saat berlatih soal

Biasakan untuk mencatat skor ketika berlatih menghadapi soal. Nyalakan juga penghitung waktu untuk melihat di bagian mana kita kesulitan. Mencatat skor juga akan membuat kita mengetahui nilai terendah, sehingga kita harus menambah fokus belajar.

3. Berhati-hati pada soal pilihan ganda

Soal pilihan ganda, terutama di bagian listening, sebenarnya sangat menyita waktu. Seorang pelamar umumnya menghabiskan waktu untuk jeda berpikir dan mengulang pertanyaan dan jawaban. Oleh karena itu, kemampuan membaca cepat sangat dibutuhkan.

Untuk dapat membaca cepat tapi tetap mendapatkan informasi lengkap, kita harus memiliki pengetahuan kosakata yang baik.

4 Tips Menghadapai Soal Soal Tes IELTS

Selain beberapa tips agar lulus tes IELTS secara umum di atas, perhatikan juga beberapa tips agar lulus tes IELTS bagian per bagian berikut ini.

1. Menghadapi Soal Reading

Dalam menghadapi bagian soal reading, tips agar lulus tes IELTS yang dapat dilakukan adalah melakukan scheming dan scanning. Kita harus berlatih untuk mengambil informasi secara lengkap tanpa membaca satu per satu kata dalam paragraf.

2. Menghadapi Soal Listening

Kerap mendengarkan rekaman soal berbahasa Inggris adalah cara yang baik untuk melatih menghadapi soal listening dalam IELTS.

Tips agar lulus tes IELTS dengan cara scheming dan scaning tidak hanya dapat digunakan untuk menghadapi soal reading, tetapi juga untuk soal listening. Membaca soal dan jawaban secara cepat sebelum sound dibunyikan adalah kunci untuk menghemat waktu pengerjaan.

Dalam menghadapi soal listening ini, kita juga harus memahami di mana tempat kita mengikuti tes. Meskipun soal yang diberikan tetap sama, namun perbedaan hardware antara satu tempat dengan tempat penyelenggara membuat kualitas tes menjadi berbeda pula.

3. Menghadapi Soal Writing

Soal-soal writing adalah soal yang dapat dipelajari secara tekstual. Hal itu karena di dalam bagian writing, strukturnya sudah diketahui secara umum. Struktur baku bagian soal ini adalah paragraph introduction, paragraph berisi main topic, dan paragraph conclusion.

4. Menghadapi Bagian Speaking

Untuk berlatih speaking, kita dapat berbicara sambil direkam. Rekaman tersebut dapat digunakan untuk berlatih listening. Selain itu, akan lebih baik jika ada teman untuk menilai simulasi ini. Dalam berbicara, pastikan bahwa poin yang kita bicarakan dilakukan dengan sistematis.

Itulah tadi beberapa tips agar lulus tes IELTS yang bisa kamu coba. Pastikan kamu juga telah belajar dengan baik. Ikuti pula IELTS preparation supaya dapat mengikuti tes secara nyata tetapi tidak mendapat sertifikat nilai.

 

Tips Agar Lulus Tes IELTS Dengan Skor Maksimal

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *