5 Trik Menciptakan Hunian Sehat, Aman dan Nyaman

Rumah Lebih Aman dan Sehat

Bangga dong sudah bisa memiliki rumah sendiri, tapi tugas Anda tidak sampai disitu saja. Anda masih harus membuat hunian jadi lebih nyaman. Mencari rekomendasi jasa interior yang tepat bisa jadi solusi untuk membuat rumah Anda aman, sehat dan nyaman.

Selain menggunakan jasa interior, Anda sebagai pemilik rumah juga seharusnya mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan. Nantinya ketika berkonsultasi dengan jasa interior seperti apa keinginan desainnya akan lebih mudah. Yuk langsung saja cek caranya.

5 Cara Menciptakan Rumah Lebih Aman dan Sehat

Rumah harus dibuat sehat, aman dan nyaman karena berfungsi sebagai tempat istirahat Anda usai melakukan aktivitas kerja seharian. Sudah menjadi tugas Anda untuk tetap membuat rumah selalu rapi dan bersih, karena dampaknya juga pada kesehatan. Baca juga Keunggulan dan Kekurangan Memiliki Rumah di Dataran Rendah.

Desain interior yang tepat akan mempermudah Anda untuk membersihkan seluruh area kapanpun. Bagaimana cara agar Anda bisa menciptakan hunian ini? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Mengatur Pencahayaan Rumah

Langkah pertama adalah dengan mengatur pencahayaan rumah. Anda harus tahu mana saja sumber cahaya di sebuah ruangan seperti jendela dan lampu. Dibandingkan lampu, jendela jadi media pencahayaan yang lebih baik karena jadi tempat masuknya sinar matahari.

Bukalah jendela setiap pagi dan sore agar sinar matahari masuk dan terjadi sirkulasi udara yang baik. Bukan hanya sehat, langkah ini juga akan membuat Anda lebih hemat listrik.

2. Rutin Membersihkan Perabotan Rumah

Sibuk tidak menjadi alasan untuk Anda malas membersihkan rumah. Minimal rumah harus disapu dan dipel setiap hari. Anda bisa membersihkan perabotan secara mendetail pada saat akhir pekan.

Kegiatan ini tidak hanya membuat ruangan sehat tetapi menjaga agar perabotan yang Anda miliki jadi lebih awet. Perabotan bebas debu dan juga lebih enak dipandang. Pilih bahan pembersih yang tepat sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

3. Menambahkan Tanaman dalam Ruangan

Penambahan tanaman akan membuat unsur alam masuk ke dalam rumah. Ruangan pun akan lebih sehat karena area hijau ini. Ada banyak pilihan tanaman hidup yang khusus diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman ini biasanya tidak membutuhkan banyak perawatan dan hanya perlu disiram sesekali. Supaya tanaman dapat hidup sebaiknya letakan di area yang kerap terkena sinar matahari. Jangan lupa buat juga jadwal untuk memberikan air.

4. Menggunakan Air Purifier

Belilah air purifier yang dapat menjaga agar udara tetap segar. Alat ini dapat menjaga kesehatan ditengah tingginya polusi. Apalagi jika Anda memiliki hunian di perkotaan seperti Jakarta.

Nyalakan air purifier ini beberapa jam dalam sehari maka debu-debu dalam ruangan akan hilang. Alat ini sangat baik digunakan jika Anda menderita asma, sehingga udara yang masuk lebih sehat.

5. Jangan Lupa untuk Mengelola Sampah

Tak kalah penting dan sering disepelekan yaitu soal pengelolaan sampah. Anda sebaiknya mulai untuk memilah sampah agar tidak menumpuk yang bisa mengundang hama seperti kecoa dan tikus. Termasuk menimbulkan polusi udara dalam ruangan.

Buang sampah tepat pada waktunya untuk menghindari penumpukan. Anda bahkan bisa melakukan daur ulang sendiri dan membatasi penggunaan material yang sulit untuk diolah kembali.

Penting juga untuk menata ruangan dengan benar agar barang-barang lebih terorganisir. Anda yang merasa kurang mampu menata ruangan, bisa meminta bantuan dari jasa interior supaya hasilnya lebih memuaskan. Menggunakan jasa interior kini juga tidak memberatkan isi kantong Anda.

 

5 Trik Menciptakan Hunian Sehat, Aman dan Nyaman

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.