Pengertian Mitigasi

Pengertian mitigasi adalah suatu usaha untuk mengurangi, meredakan, meringankan agar tidak menjadi lebih parah atau lebih buruk. Tindakan mitigasi merupakan proses yang akan menghasilkan keadaan yang parah, berbahaya, menyakitkan, atau merusak menjadi berkurang.

Mitigasi adalah

Mitigasi adalah bentuk kata benda dari kata kerja meredakan, yang berarti untuk mengurangi tingkat keparahan. Secara umum, mitigasi berarti meminimalkan tingkat kerugian atau bahaya apa pun.

Istilah mitigasi dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “mitigation” yang secara etimologi berasal dari bahasa Latin mītigātus yang berarti menenangkan, melembutkan, meringankan.

Pengertian Mitigasi Bencana

Istilah mitigasi sering dikaitkan dengan bencana alam sehingga muncul istilah mitigasi bencana yaitu upaya untuk mengurangi korban jiwa dan harta benda dengan mengurangi dampak bencana.

Maksud dan tujuan dari pengertian mitigasi bencana adalah untuk mengurangi risiko terhadap kehidupan dan lingkungan, yang meliputi struktur yang ada dan konstruksi untuk masa depan di lingkungan sebelum dan sesudah bencana. Baca mengapa Indonesia rawan bencana sehingga perlu mitigasi bencana.

Untuk itu dibuat mitigasi bencana melalui peraturan, tata cara setempat, penggunaan lahan, dan praktik pembangunan proyek yang dapat mengurangi atau menghilangkan risiko jangka panjang dari bahaya bencana dan dampaknya.

Penggunaan Istilah Mitigasi

Selain digunakan untuk bencana, istilah mitigasi juga dapat digunakan dalam bidang tertentu, seperti:

Bidang hukum. Misalkan, seorang pengacara membuat mitigasi dengan meminta hakim untuk mengurangi hukuman yang sangat berat.

Bidang kesehatan. Misalkan, mitigasi penggunaan obat yaitu tindakan mengurangi penggunaan obat (keadaan yang dimitigasi), mitigasi pencegahan penyakit.

Bidang ekonomi. Mitigasi bisnis berarti mengurangi risiko kehilangan dari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Ini adalah elemen penting untuk bisnis untuk menghindari kerugian yang tidak perlu. Misalkan, dalam kontrak asuransi, berbagai klausa dan ketentuan ditetapkan untuk memastikan kerugian minimum kepada firma asuransi.

 

Pengertian Mitigasi – Kanal Pengertian

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *