Kamis, 27 April 2017

Pengertian Rate Card

Dalam dunia marketing dikenal ada istilah Rate Card yang umumnya digunakan untuk periklanan. Pengertian rate card adalah sebuah daftar tarif yang berisi berbagai jenis harga dan space iklan yang ditawarkan oleh perusahaan media cetak maupun elektronik. Rate card biasanya biasanya hanya untuk panduan atau penilaian (rate) karena biaya yang sebenarnya sangat bervariasi sesuai dengan daya tawar dari pengiklan .

Dalam Rate Card, selain menunjukkan harga iklan, menampilkan juga informasi lain seperti syarat dan kebijakan, biaya tambahan dan lain sebagainya. Semakin besar publikasi, semakin banyak informasi yang terdapat pada rate card tersebut.

Contoh rate card yang dibuat oleh situs kompas.com yang berisi tarif pemasangan iklan banner dan informasi lainnya berkenaan dengan pasang iklan di situs tersebut.

Pengertian Rate Card

Kumpulan daftar rate card lengkap dari berbagai perusahaan biasanya dimiliki oleh advertising agency atau jasa periklanan sebagai pilihan konsumennya untuk menentukan iklan agar sesuai dengan rencana serta bujet yang dimiliki. Rate card selalu diperbaharui sesuai dengan release yang dikeluarkan masing-masing penyedia media. Contoh rate card televisi, koran, majalah atau media iklan lainnya.

Dengan adanya Rate card, dapat membantu pengiklan agar bisa memahami jenis iklan yang ditawarkan, mulai dari ukuran iklan hingga diskon. Dengan demikian dapat sebagai perbandingan sebelum membeli space iklan.

Dalam perkembangannya terkadang digunakan bukan hanya untuk dunia periklanan namun juga bidang lain berkenaan dengan penawaran masalah harga. Rate card diartikan daftar harga (tarif).


Pengertian Rate Card - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...