Senin, 17 Oktober 2016

Pengertian On The Job Learning (OJL)

Pengertian On The Job Learning (OJL) adalah kegiatan atau proses belajar bekerja dalam lingkungan kerja yang normal. Dengan belajar bekerja dalam konteks yang realistis akan mendapat banyak pengalaman dari latihan mengambil sebuah keputusan dan umpan balik serta banyak pengulangan kegiatan dari waktu ke waktu.

OJL bukan proses pembelajaran dalam arti bukan belajar mencari ilmu pengetahuan baru melainkan mencari pengalaman baru, dengan benar-benar belajar keterampilan atau pekerjaan baru dalam situasi dan kondisi kerja yang sesungguhnya. Oleh karena itu, On The Job Learning (OJL) dapat menjadi cara yang paling efektif untuk belajar bekerja. Tentu saja, konteks dan praktek dan umpan balik harus dirancang dengan baik dan selaras dengan pekerjaan di masa depan.

Pengertian On The Job Learning (OJL)

Proses On The Job Learning (OJL) 


Pengalaman adalah guru yang terbaik, demikian juga dengan pengalaman kerja melalui OJL merupakan proses yang ampuh untuk belajar. OJL dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kepemimpinan, kompetensi, peningkatan komitmen, kepercayaan diri, motivasi, perilaku. Hal ini dikarenakan proses atau langkah-langkah utama dalam on the job learning yang mencakup:
  • Mengidentifikasi dan menentukan kompetensi spesifik yang akan dikembangkan. Kompetensi didefinisikan sebagai pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan perilaku yang penting untuk kinerja yang kuat. Kompetensi dalam on the job learning dapat diidentifikasi dengan melihat deskripsi pekerjaan, tujuan strategis, dan tim atau tujuan organisasi. Kompetensi yang selaras dengan strategi organisasi dapat memiliki dampak positif terbesar.
  • Mengidentifikasi peristiwa penting dari pengalaman yang didapatkan selama proses OJL berlangsung sebagai pembelajaran pribadi. Pengalaman tertentu bisa selaras dengan perkembangan kompetensi tertentu. Kecenderungan ini menunjukkan bahwa ketika para pemimpin telah mengalami situasi X, mereka dapat mengembangkan kompetensi Y dan Z.
  • Memberikan umpan balik yang spesifik berbasis perilaku. DeRue dan Wellman (2009) mengemukakan bahwa akses ke umpan balik memainkan peran penting dalam pengembangan kepemimpinan karena mengurangi ketidakpastian tentang kerja, dimana memungkinkan peserta lebih fokus kepada mental tugas.
  • Memberikan manfaat untuk membangun kepercayaan diri. Pengalaman yang terlalu sulit mungkin memiliki dampak negatif pada pembelajaran dan pengembangan, atau sebaliknya.
  • Memberikan kesempatan bagi refleksi nyata pada apa yang telah dipelajari dan bagaimana kaitannya dengan tujuan pembelajaran yang lebih besar. Refleksi Mendorong mempromosikan pembelajaran berbasis pengalaman.

 

On The Job Learning (OJL) dan On The Job Training (OJT)


Pada hakekatnya, On The Job Learning (OJL) berbeda dengan On The Job Training (OJT) meskipun keduanya memiliki dasar yang sama yaitu tentang pekerjaan, yang dapat membantu seseorang untuk nantinya dapat bekerja pada lingkungan kerja yang sebenarnya.

Pengertian On The Job Training (OJT) adalah bentuk kegiatan pelatihan yang berlangsung dalam situasi kerja yang normal. Pelatihan di sini adalah dalam rangka untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kerja dan produktivitas atau bisa juga sebagai pelatihan kerja setelah mendapat teori (praktek kerja).

Salah satu bentuk On The Job Training (OJT) adalah magang, Pengertian magang adalah sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Umumnya pelaksanaan On The Job Training (OJT) atau magang merupakan bagian dari pelatihan kerja seperti yang dilakukan oleh siswa jurusan tertentu atau mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan (praktek kerja lapangan/PKL). Atau pelatihan karyawan untuk meningkatkan kemampuan kerjanya.

Sedangkan On The Job Learning (OJL) lebih diutamakan untuk peningkatan atau perubahan kerja di lingkungan pekerjaannya. Misalkan seorang guru yang akan menjadi kepala sekolah akan belajar menjadi kepala sekolah di lingkungan kerjanya. Lihat Contoh Laporan Presentasi OJ oleh calon kepala sekolah. Atau seseorang pegawai yang akan diangkat menjadi kepala bagian.

Tidak menutup kemungkinan On The Job Learning dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa untuk mengisi waktu libur dengan bekerja, seperti yang terjadi di negara maju. Masa libur panjang dibuat belajar bekerja untuk mencari pengalaman sekaligus mencari penghasilan tambahan.



Pengertian On The Job Learning (OJL) - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...