Selasa, 05 April 2016

Pengertian Reklamasi

Pengertian reklamasi secara umum adalah proses atau usaha menjadikan kawasan berair menjadi kawasan kering. Masyarakat sering menyebut reklamasi dengan istilah pengurugan (penimbunan) pada kawasan pantai, sungai atau danau menjadi sebuah daratan baru.

Istilah reklamasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu reclamation yang menurut terjemahan kamus Bahasa Inggris-Indonesia adalah: sebagai pekerjaan memperoleh tanah. Sedangkan kata dasar reclamation dalam bahasa Inggris adalah reclaim : menjadikan tanah (from the sea), to reclaim : memperbaiki sesuatu yang rusak.

Pengertian Reklamasi

Tujuan Reklamasi


Reklamasi bertujuan untuk membuat kawasan daratan baru sebagai salah satu usaha untuk pemekaran wilayah. Dengan adanya kawasan tersebut, dapat dimanfaatkan untuk kawasan industri, pemukiman, bisnis objek wisata bahkan pertanian, dimana kawasan lama sudah tidak lagi menampung pembangunan tersebut karena keterbatasan lahan yang ada.

Sebenarnya usaha reklamasi tidak harus melakukan pengurugan seperti dari pengertian reklamasi yaitu mengubah kawasan berair menjadi kawasan kering (daratan), berlawanan dengan pembuatan kanal. Pengeringan rawa-rawa termasuk salah satu usaha reklamasi tanpa harus mengurug. Contoh negara yang sering melakukan usaha ini adalah Belanda. Namun umumnya reklamasi di dunia dilakukan dengan cara pengurugan atau penimbunan material batu, tanah dan sebagainya, untuk membentuk daratan baru. Dan yang paling banyak dilakukan pada kawasan pantai atau laut.

Keuntungan dan Kerugian Reklamasi


Keuntungan melakukan reklamasi adalah ketersediaan lahan baru bagi wilayah kota atau negara untuk dapat menambah fasilitas pembangunan berbagai keperluan, Selain itu dengan adanya reklamasi dapat dijadikan usaha untuk menata kawasan pantai yang rusak karena abrasi atau terjadinya erosi pada daerah sungai. Pengertian to reclaim : memperbaiki sesuatu yang rusak.

Sedangkan kerugian melakukan reklamasi adalah rusaknya keseimbangan lingkungan karena intervensi manusia. Ekosistem akan berubah pada sekitar wilayah reklamasi dan di sisi lain terjadi pengurangan tanah, batuan sebagai material reklamasi. 

Untuk itu, proyek reklamasi harus benar-benar dikaji dan melibatkan banyak pihak dari berbagi disiplin ilmu dan teknologi agar dapat meminimalkan dampak buruk yang akan terjadi, baik itu ekosistem dan material yang akan digunakan.


Pengertian Reklamasi - Kanal Informasi


0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...