Jumat, 01 April 2016

Pengertian Bioma

Pengertian bioma berkaitan erat dengan wilayah atau ekosistem yang memiliki geografis dan iklim yang sama. Bioma (biome = Bahasa Inggris) memiliki karakteristik tersendiri baik itu tanaman maupun hewan karena memiliki iklim yang sama dan dapat ditemukan di berbagai benua. Bioma berbeda dari habitat, karena setiap bioma dapat terdiri varietas habitat.

Pengertian Bioma

Beberapa macam bioma yang ada di bumi seperti bioma padang rumput, bioma gurun, bioma tundra, bioma hutan tropis basah, bioma hutan musim, bioma taiga dan lain sebagainya. Masing-masing bioma terbentuk karena interaksi dan pengaruh lingkungan yang ada yaitu iklim, air, tanah, dan organisme yang hidup di daerah tersebut.

Bioma didefinisikan sebagai "masyarakat utama dunia, diklasifikasikan menurut vegetasi dominan dan ditandai oleh adaptasi organisme untuk lingkungan tertentu" (Campbell, N.A. 1996. Biology, 4th Edition). Dalam sejarah kehidupan di Bumi, bioma bisa berubah karena alam dan juga aktivitas manusia yang secara drastis dapat mengubah ekosistem ini. Seperti contoh bioma gurun dahulu merupakan bioma hutan. Dengan demikian, konservasi dan pelestarian bioma harus menjadi perhatian utama seperti halnya Cagar Biosfer.


Pengertian Bioma - Kanal Informasi


0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...