Pengertian Teknologi Informasi

Istilah Teknologi Informasi berasal dari dua kata yaitu Teknologi dan Informasi. Frase kata Teknologi lnformasi adalah serapan dari kata Information Technology (IT). Perpaduan dari kedua istilah tersebut akan menghasilkan dua pengertian baru, yaitu teknologi informasi.

Teknologi Informasi

Ruang lingkup Teknologi Informasi bisa kita lihat penggunaannya dimulai dari dunia pendidikan, industri, manufaktur, bisnis, perbankan, militer, pemerintahan, hingga entertainment dan dunia permainan komputer (animasi, film live action, games).

Sebelum membahas pengertian teknologi informasi perlu mengetahui makna dari istilah teknologi dan informasi karena setiap istilah tersebut memiliki arti tersendiri, tetapi tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Teknologi Dan Informasi

Pengertian teknologi adalah suatu metode atau cara untuk mencapai tujuan praktis guna mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, techne yang berarti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’.

Dalam makna yang sempit, teknologi mengacu pada obyek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. Sedangkan makna teknologi yang luas mengacu pada pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bahasa sehari-hari, kata teknologi berdekatan artinya dengan istilah tata cara. Teknologi merupakan hasil olah pikir manusia untuk mengembangkan tata cara atau sistem tertentu dan menggunakannya untuk menyelesaikan persoalan dalam hidupnya.

Pengertian informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi serta pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.

Kata informasi bermakna berita atau pesan yang mengandung maksud tertentu. Manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman yang selalu ingin dibagikan kepada orang lain. Pengalaman atau pengetahuan yang dikomunikasikan kepada orang lain tersebut merupakan pesan atau informasi. Jadi, pesan atau informasi menuntut adanya kehadiran pihak lain.

Pengertian Teknologi Informasi

Dari pengertian kedua kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian teknologi informasi adalah tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Seiring dengan perkembangan komputer dan peralatan modern, pengertian teknologi informasi lebih luas yaitu suatu teknologi yang difungsikan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli:

  • Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi;
  • Martin (1999) mengungkap teknologi informasi tidak hanya terbatas pada Tl (Hardware dan Software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi;
  • Lucas (2000) menjelaskan Teknologi lnformasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.
  • McKeown (2005) teknologi informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.
  • Williams (2005) teknologi informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.
  • Bambang Warsita (2008) teknologi informasi adalah sarana dan prasarana (hardware, software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna.
  • Behan dan Holme dalam Munir (2009) teknologi informasi dan komunikasi adalah segala sesuatu yang mendukung untuk me-record, menyimpan, memproses, mendapat lagi, memancar/mengantarkan dan menerima informasi
  • Lantip dan Rianto (2011) teknologi informasi diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam bidang informasi yang berbasis komputer dan perkembanganya sangat pesat.
  • Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo (2011) teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data Pengolahan itu termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu.

 

Pengertian Teknologi Informasi – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *