Sabtu, 01 Oktober 2016

Pengertian Datum dan Data

Pengertian datum adalah informasi atau keterangan yang diperoleh dari suatu pengamatan yang berupa angka, simbol atau bahasa (sifat). Kumpulan beberapa datum disebut data. Dengan demikian, data adalah bentuk jamak dari datum yang belum memiliki arti penuh dan masih memerlukan suatu pengolahan.

Sebagai ilustrasi pengertian Datum dan Data

Pengertian Datum dan Data

Pada ilustrasi di atas, masing-masing bilangan-bilangan 100, 125, 250, 300, 175 serta kata baik dan sedang disebut datum. Sedangkan keseluruhan datum-datum tersebut adalah data atau kumpulan data.

Macam-macam Datum dan Data


Umumnya orang menyebut datum dengan istilah data dalam penelitian karena sudah merupakan bentuk jamak dari datum. Seorang peneliti menggunakan datum-datum sebagai bahan data untuk menyimpulkan hasil Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif  atau penelitian lainnya.

Berikut beberapa macam data dan contohnya.

1. Data Ukuran dan Data Cacahan
  • Data ukuran (data kontinu) adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran. Contoh, berat badan lima orang siswa Sekolah A setelah diukur masing-masing 40 kg, 42 kg, 45 kg, 48 kg, dan 50 kg. Berat badan tersebut merupakan data ukuran.
  • Data cacahan (data diskrit) adalah data yang diperoleh dari hasil membilang atau menghitung. Contoh, guru yang mengajar di sekolah A berjumlah 20 orang.
2. Data Kuantitatif dan Data Kualitatif
  • Data kuantitatif adalah data yang berupa bilangan. Data ukuran dan data cacahan termasuk dalam data kuantitatif. Contoh data berat badan, data jumlah siswa, dan sebagainya.
  • Data kualitatif adalah data yang dikategorikan menurut kualitas objek yang dipelajari. Penggolongan ini dikenal pula dengan nama atribut.Contoh data kualitatif adalah rusak, baik, senang, puas, gemar, berhasil, dan sebagainya. Selengkapnya Pengertian Data Kuantitatif dan Data Kualitatif
Cara memperoleh datum dan data dikelompokkan menjadi tiga macam:
  • Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh organisasi yang menerbitkan.
  • Data sekunder adalah data yang diterbitkan oleh organisasi yang bukan merupakan pengolah data tersebut.
  • Data mentah adalah data yang baru dikumpulkan dan belum pernah mengalami pengolahan apapun.

Pengertian Datum dan Data - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...