Sabtu, 17 September 2016

Pengertian Kutipan (Quote)

Pengertian kutipan (quote) adalah suatu kalimat atau ucapan yang dianggap menarik yang berisikan ide, pendapat atau gagasan seseorang. Dalam sebuah karya tulis, umumnya kutipan dijadikan bahan acuan atau sumber referensi untuk memperkuat, menambah dan memperjelas tulisan. Kutipan dapat diambil (mengutip) dari berbagai sumber seperti media cetak, media online atau audio-visual. Orang yang mengambil kutipan disebut dengan pengutip, sedang proses mengutip disebut pengutipan.

Kata Quote merupakan sebuah kata tunggal dalam bahasa inggris yang berarti sebuah kutipan atau petikan. Sedangkan dalam bentuk jamak adalah quotes yang berarti kutipan-kutipan. Quote (kutipan) umumnya diberi tanda kutip atau tanda petik (quotation marks) di depan dan belakang kalimat tersebut, seperti: "......"

Pengertian Kutipan (Quote)

Aturan Umum Penulisan Kutipan (Quote)


Ketika seorang akan mengutip bahan acuan atau sumber untuk karya ilmiah terdapat aturan-aturan yang perlu diperhatikan agar karya tulis yang dibuat tidak dianggap sebagai suatu plagiat yang menganggap tulisan orang lain sebagai tulisannya. Beberapa aturan umum tentang penulisan kutipan, adalah:
  • Pengutip tidak diperkenankan mengubah apapun yang dikutip, meskipun kata atau kalimat yang dikutip salah ejaan menurut pengutip. Harus apa adanya dan pengutip tidak diperbolehkan untuk membenarkannya.
  • Pengutip diperbolehkan menghilangkan beberapa kata atau kalimat dengan menggantinya berupa tanda dapat diganti dengan tanda kurung dengan tanda titik tiga kali (...) atau spasi ( ). Namun pengutip tidak boleh mengubah pengertian atau makna dari tulisan yang dikutip.
  • Pengutip bisa menulis kutipan menggunakan teknik pengutipan tidak langsung tanpa perlu diberi tanda petik. Namun sumber kutipan tetap harus ditulis dan tidak mengubah pengertian dari kutipan tersebut. Misalnya dengan menulis, menurut sumber dari situs....
  • Pengutip sebaiknya benar-benar mempertimbangkan apakan perlu mengambil dan menuliskan kutipan-kutipan (quotes) tersebut? 
  • Kutipan sebaiknya benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan pokok bahasan tulisan yang dibuat sebagai sumber teori atau hasil penemuan. 
Dalam perkembangannya, Kutipan (Quote) banyak digunakan sebagai kata-kata pelengkap dalam sebuah gambar, kartu, iklan, baliho atau lainnya untuk memperkuat pesan dan kesan gambar tersebut.


Pengertian Kutipan (Quote) - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...