Jumat, 11 Maret 2016

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)

Pengertian mesin pencari (Search engine) secara umum adalah program untuk mencari dokumen berdasarkan kata kunci dan memunculkan daftar dokumen tersebut apabila kata kunci yang dimaksud ditemukan. Sebuah mesin pencari pada dasarnya seperti “penunjuk jalan” untuk menemukan informasi atau data dokumen yang kita butuhkan dengan lebih mudah dan cepat. 


Hampir semua aplikasi komputer dan sejenisnya memiliki program mesin pencari. Mesin pencari akan bekerja jika memiliki database yang dibuat sebelumnya. Cara kerja mesin pencari adalah dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian kemudian mesin pencari akan bekerja sesuai program untuk melakukan pencarian di database serta menampilkan hasil akurat yang memuat kata kunci tersebut dari database yang ada. Jika pada database tidak ada kecocokan dengan kata kunci maka hasil tidak ditampilkan. (sumber: pengertian mesin pencari)

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)


Situs Mesin Pencari (Web Search Engines)

Sedikit berbeda dengan situs mesin pencari atau situs mesin penelusuran seperti Google, Yahoo, Bing, Ask dan sebagainya. Biasanya, situs mesin pencari akan bekerja dengan mengirimkan sebuah program robot (bot) atau istilahnya laba-laba (spider) untuk menjemput dokumen-dokumen pada semua situs di internet sebanyak mungkin. Kemudian, program lain yang disebut indexer, membaca dokumen-dokumen tersebut dan menciptakan indeks berdasarkan kata-kata yang terkandung dalam setiap dokumen. 

Mengingat banyak dokumen pada situs-situs yang ada di internet, maka setiap situs mesin pencari menggunakan proprietary algoritma untuk membuat indeks-nya dikembalikan pada setiap permintaan pengguna situs tersebut. Pada halaman hasil pencarian (SERP) akan disusun berdasarkan keakuratan kata kunci dan algoritma yang dipakai situs penelusuran tersebut.

Oleh karena itu, banyak pemilik situs yang tergantung pada mesin pencari untuk mencari trafik kunjungan ke situs mereka, maka ada gagasan untuk mengoptimalkan konten situs agar dapat meningkatkan penempatan posisi dalam hasil mesin pencari atau yang lebih dikenal dengan istilah SEO atau optimasi mesin pencari.

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine) - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...