Warnet Tertua di Indonesia

Keberadaan Warnet (warung internet) tertua di Indonesia belum diketahui dengan pasti siapa penyelenggara pertama kalinya serta dimana lokasinya. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa keberadaan pionir WARNET di mulai antara tahun 1996-1998.

Warnet tertua

Sekitar tahun tersebut PT POS Indonesia menyediakan tempat untuk mengakses internet dengan nama Wasantara. Sedangkan CNRG (Computer & Network Research Group) ITB Bandung menyelenggarakan POINTER sebagai tempat akses internet.

Salah satu warnet tertua di Indonesia adalah Bali @Cyber Café & Restaurant. Warnet ini pertama kali beroperasi di Jalan Pura Bagus Taruna, Legian, Kuta, Denpasar, Bali. Sasaran pengunjung adalah wisatawan asing yang sudah mengenal dan biasa menggunakan internet.

Blog Kanal Informasi

 

Warnet Bali @Cyber Café & Restaurant

Bisnis Warnet ini didirikan pada 5 Mei 1997 untuk menyediakan layanan akses Internet terutama untuk wisatawan asing maupun pebisnis di sekitar Kuta. Tempat warnet pun dibuat suasana terbuka dan hangat penuh dengan sentuhan Bali; ruang dan hijau alami dan bunga. Konsep warnet didasarkan pada kafe atau restoran umum yang ditemukan di Bali.

Warnet Tertua di Indonesia
Warnet tertua di Indonesia, Denpasar Bali (1997)

Bali @ Cyber Café & Restaurant

 

Seiring perkembangan waktu, Bali @ Cyber Café & Restaurant pindah lokasi pada akhir April 2006 menempati gedung baru di 9 Kompleks Sriwijaya, Jalan Patih Jelantik, Kuta Denpasar, Bali.

Gedung baru yang lebih megah dengan peralatan warnet yang lebih modern seperti audio / video, CD atau DVD burner, jaringan printer, program aplikasi umum, wifi, laptop, dll. Selain menyediakan jasa internet, tempat ini terdapat Café dan Restoran.

Bali @ Cyber Café & Restaurant

Bali @ Cyber Café & Restaurant

Warnet baru Bali @ Cyber Café & Restaurant

Warnet di Indonesia

Pada tanggal 25 Mei 2000 Asosiasi Warnet Indonesia (AWARI) didirikan dengan ketua Rudy Rusdiah, Bendahara rekan Adlinsyah dan Sekretaris Abdullah Koro.

Di akhir 2001, dilakukan penggantian pengurus lama dengan presidium AWARI yang dipimpin oleh Judith M.S., Michael Sunggiardi, dan Abdullah Koro.

Awalnya, aktivitas dilakukan melalui mailing list [email protected] di server ITB pada tanggal 14 April 2000, diskusi WARNET pindah ke [email protected] yang kemudian menjadi [email protected]

 

Warnet Tertua di Indonesia – Kanal Informasi

Semoga Bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *