Ketahui Tanda Fuel Pump Injeksi Motor Mulai Rusak

Fuel Pump Injeksi Motor

Siapa disini yang memiliki motor injeksi? atau mungkin anda baru saja membeli motor injeksi? Memiliki motor injeksi tentu saja bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Nah salah satu komponen dari motor injeksi adalah fuel pump.

Dimana keberadaan dari fuel pump di motor Injeksi ini tentu saja sangat penting. Komponen Fuel Pump sendiri memiliki fungsi guna menyalurkan bensin menuju injektor sesuai porsinya.

Bukan hanya itu saja, namun fuel pump juga mempunyai fungsi guna menjaga tekanan bensin supaya tetap tinggi.

Jadi apabila terjadi kerusakan yang terjadi di fuel pump, tentu saja bisa membuat tekanan dari bensin menjadi melemah serta dapat mempengaruhi kinerja dari mesin kendaraan anda.

Untuk itu, agar bisa mengatasi permasalahan ini lebih baik anda harus tahu terlebih dulu tentang ciri-ciri dari fuel pump yang rusak.

Ciri-Ciri Fuel Pump Injeksi Motor Rusak

Fuel Pump dari motor injeksi memiliki fungsi yang vital dan juga sangat penting. Hal ini karena fuel pump dari motor injeksi bertugas untuk mendistribusikan bensin agar sesuai dengan porsi normal ke bagian injektor.

Tentu saja ada kalanya fuel pump dari injeksi masalah dan juga melemah sehingga membuat tekanan dari bensin kendaraan lemah.

Hasilnya, tentu saja membuat bensin tidak dapat terdistribusi dengan maksimal. Selain itu proses pembakaran juga tidak akan bisa berjalan secara optimal sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerja dari sepeda motor yang anda gunakan.

Nah sebelum terlambat, berikut dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri dari fuel pump injeksi yang sudah mulai rusak yang harus anda perhatikan.

Motor Mulai Susah Dinyalakan

Anda patut curiga jika motor injeksi yang anda miliki sudah mulai susah untuk dinyalakan.

Karena memang sudah pasti ada yang salah di dalam motor matic anda jika susah dinyalakan. Kemungkinan besar fuel pump dari injeksi sepeda motor anda tidak dapat bekerja dengan normal.

Akibatnya anda harus menekan starter electric berkali-kali untuk memancing mesin motor agar bisa menyala dengan sempurna. Padahal seharusnya dalam kondisi normal tentu saja motor injeksi harus langsung menyala saat starter electric kendaraan ditekan.

Kondisi ini juga didukung dengan fuel pump yang akan memompa bensin dengan otomatis saat kontak motor berubah dari posisi off ke posisi ON. Jadi dapat dipastikan jika ada yang salah dari fuel pump saat motor injeksi anda tidak bisa langsung menyala dalam sekali pencet.

Suara Dengungan Yang Menjadi Lebih Pelan

Sama seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa ketika kontak motor berubah dari posisi OFF ke ON, secara otomatis fuel pump dari injeksi akan memompa bensin motor langsung secara otomatis.

Disaat itu juga pengendara bisa mendengar suara dengungan yang didapat dari fuel pump kendaraan.

Kecurigaan anda tentu saja harus semakin meningkat saat mendengar dengungan dari motor terdengar lebih pelan dibandingkan biasanya.

Karena mungkin memang fuel pump dari kendaraan anda yang mengalami masalah atau dalam kondisi lemah.

Jika anda sudah berada dalam kondisi ini, anda harus membawa motor langsung ke dealer resmi guna memastikan dari kendaraan sepeda motor anda. Jadi jangan sampai anda telat membawa motor ke bengkel ketika fuel pump sudah tidak berfungsi. Karena bisa-bisa kerusakan yang terjadi justru merembet ke komponen lainnya.

Lampu Indikator Yang Berkedip

Terakhir, tanda-tanda dari fuel pump injeksi rusak adalah terdapat kedipan di check engine lamp.

Tentu saja sudah jelas check engine lamp akan berkedip jika terjadi masalah di sepeda motor anda. Jadi jika lampu indikator ini berkedip dan disertai dengan 2 tanda-tanda yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bisa dipastikan fuel pump injeksi anda mengalami masalah.

Oleh sebab itu, langsung saja bawa sepeda motor injeksi anda untuk diperbaiki di bengkel resmi terdekat seperti di bengkel resmi cabang Suzuki dibawah ini.

Karena tentu saja di bengkel resmi, fuel pump injeksi akan langsung dicek dengan alat yang dapat memastikan kondisi tekanan yang didapatkan dari fuel pump agar dapat dibaca secara langsung.

  1. Sejahtera Sumber Baru Trada, website : https://suzukidealerkalimalang.id/
  2. Suzuki Sejahtera Aramada Trada, website : https://suzukimargondadepok.co.id/
  3. Suzuki SBAM Jakarta, website : https://suzukisbam.co.id/

 

Ketahui Tanda Fuel Pump Injeksi Motor Mulai Rusak

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.