Menentukan Sewa Container Reefer, Simak Panduannya

Menentukan Sewa Container Reefer

Sewa container reefer merupakan penyedia jasa yang menawarkan kontainer dengan mesin pendingin terpasang di dalamnya. Anda mungkin bisa membayangkannya seperti kulkas yang mampu memberikan suhu dingin di dalamnya.

Kontainer ini dapat diandalkan untuk mengirim berbagai jenis produk dengan lebih aman. Terutama produk yang melewati perjalanan panjang sebelum sampi ke tujuan. Biasanya dipakai untuk mengirim produk segar misalnya bunga, buah, ikan, dan lain sebagainya.

Sebelum menentukan untuk melakukan sewa kontainer jenis ini, perlu memikirkan sejumlah pertimbangan. Sebab, akan sangat rugi jika telah membayar biaya tertentu namun rupanya kualitas kontainer tidak sesuai.

Tips Sewa Container Reefer untuk Ekspor

Ekspor merupakan kegiatan mengirim produk ke luar negeri yang umumnya membutuhkan waktu lama. Terutama negara yang lokasinya cukup jauh dari tanah air. Container reefer begitu diperlukan dalam mengirim kargo berisi produk segar.

Sebelum mengambil pilihan sewa container reefer, wajib sekali memperhatikan sejumlah hal sebagai bahan pertimbangan. Tindakan ini untuk mencegah risiko produk mengalami kerusakan disebabkan oleh kontainer berkualitas buruk atau gangguan sistem pendingin.

1. Pre-Tip Inspection

Pre-Tip Inspection terkadang disingkat dengan PTI merupakan salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan ketika hendak menyewa container reefer. Pre-Tip Inspection umumnya dilaksanakan ketika kontainer berada dalam keadaan kosong.

Tujuannya ialah untuk memeriksa apakah sistem pendingin dapat bekerja seperti biasanya. Apakah terdapat kendala, hambatan atau masalah khusus pada mesin pendingin. Intinya, dilaksanakan untuk mendapat kepastian kinerja sistem pendingin.

Pihak penyedia sewa container reefer terkadang juga menawarkan pemeriksaan fisik sebagai pelengkap Pre-Tip Inspection. Jadi, ketika customer ingin menyewa, dilaksanakan pemeriksaan secara menyeluruh pada kontainer.

Mulai dari mesin pendingin sampai kondisi fisik kontainer. Jadi, bisa dipastikan apakah container reefer berada dalam kondisi optimal sebelum dipakai untuk mengirim produk ke luar negeri atau ekspor.

2. Memeriksa Fungsi Alarm

Jasa sewa container reefer umumnya menyediakan alarm di bagian unit controller. Unit controller sendiri umumnya berada di bagian depan. Alarm berguna dalam mengenali adanya gangguan atau kerusakan pada mesin pendingin kontainer.

Melalui pengecekan alarm, Anda dapat mengetahui apabila terdapat komponen yang tidak berfungsi atau mungkin ada kerusakan pada bagian kontainer. Anda bahkan bisa menemukan kebocoran freon.

Kebocoran freon yang dibiarkan nantinya akan menganggu proses pendinginan dalam kontainer ini. Jadi, pastikan untuk memeriksa secara seksama keseluruhan container reefer. Sebab, umumnya pihak jasa tidak bertanggung jawab saat sudah dalam perjalanan.

Misalnya Anda sudah menyewa, namun tidak memeriksa dengan benar adanya gangguan melalui alarm. Lantas, komponen yang sebelumnya mengalami gangguan tiba-tiba rusak di perjalanan. Maka Anda tidak bisa meminta pihak jasa untuk bertanggung jawab.

3. Memilih Ukuran

Pihak sewa container reefer biasanya menyediakan beragam ukuran agar customer bisa menyesuaikannya dengan keperluan. Jadi, pastikan telah menghitung ukuran kontainer yang mungkin diperlukan.

Lantas, cukup memilih ukuran yang sesuai. Ukuran ini umumnya mulai dari 20 feet sampai 45 feet. Ukuran berbeda tentu akan memberikan harga berbeda juga. Sehingga perlu sekali memperhitungkan ukuran kontainer dengan cermat.

4. Vendor Terpercaya

Apa saja jenis penyewaan yang akan dilakukan, memilih vendor terpercaya tidak boleh dilewatkan. Anda pasti sudah tahu bahwa ada banyak sekali bisnis palsu yang menipu para korbannya. Bisnis ini ada dalam berbagai bidang.

Bayangkan saja sudah membayar dengan biaya tertentu lantas container reefer tidak tersedia secara fisik dan penipu telah membawa kabur uang pembayaran. Pasti akan sangat merugikan terutama jika produk harus segera dikirim.

Jadi, pastikan sudah mencari tahu mengenai vendor yang menyediakan penyewaan container reefer. Pastikan vendor mempunyai track record bagus dan menyediakan harga wajar. Maksudnya tidak terlalu mahal atau terlalu murah.

Mengirim kargo ke luar negeri secara aman bukan hal mudah. Terutama jika berkaitan dengan produk segar yang memerlukan pemeliharaan suhu. Cara terbaik yang dapat dilakukan ialah mengandalkan sewa container reefer.

 

Menentukan Sewa Container Reefer, Simak Panduannya

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.