Pengertian Disrupsi (Disruption) Secara Umum

Secara garis besar, pengertian disrupsi (disruption) adalah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru. Disrupsi berpotensi menggantikan pemain-pemain lama dengan baru. Disrupsi bisa dilihat sebagai sesuatu yang positif karena merupakan sebuah inovasi yang dinamis.

Pengertian Disrupsi (Disruption)

Hal ini telah lama diramalkan oleh Alvin Toffler (1980) seorang penulis dan futurolog Amerika, yang dikenal karena karya-karyanya membahas mengenai revolusi digital, revolusi komunikasi, dan singularitas teknologi.

Dia mengatakan dunia telah memasuki gelombang ketiga. Demikian juga dengan internet. Gelombang ketiga Toffler menandakan manusia telah berada pada era informasi.

Blog Kanal Informasi

Disruption Untuk Semua Bidang

Umumnya, banyak yang menganggap bahwa disrupsi hanya berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Disrupsi akan menggantikan teknologi lama serba fisik dengan teknologi digital yang benar-benar baru, lebih efisien, dan lebih bermanfaat.

Bahkan masih ada beranggapan bahwa disrupsi seakan-akan hanya masalah meng-online-kan layanan dengan menggunakan aplikasi.

Namun disrupsi sesungguhnya bisa terjadi secara meluas, karena dinamika yang terkandung di dalam perubahan zaman. Disrupsi bisa terjadi di pemerintahan, bisnis, pendidikan, dan juga hubungan-hubungan sosial.

Perubahan di dunia dan termasuk Indonesia dalam inovasi yang diistilahkan sebagai disrupsi (disruption), merupakan berita baik bagi masyarakat karena kekuasaan menjadi berada di tangan mereka.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Renald Kasali, ada lima hal penting dalam disruption.

  1. Disruption akan berakibat penghematan banyak biaya melalui proses bisnis yang menjadi lebih simpel.
  2. Disruption akan membuat kualitas apapun yang dihasilkannya lebih baik ketimbang yang sebelumnya.
  3. Disruption berpotensi menciptakan pasar baru, atau membuat mereka yang selama ini ter-eksklusi menjadi ter-inklusi. Membuat pasar yang selama ini tertutup menjadi terbuka.
  4. Disruption akan menghasilkan produk/jasa yang jauh lebih mudah diakses atau dijangkau oleh para penggunanya.
  5. Disruption membuat segala sesuatu kini menjadi serba smart. Lebih pintar, lebih menghemat waktu dan lebih akurat.

 

Pengertian Disrupsi (Disruption) Secara Umum

Semoga Bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *