Pengertian dan Kelebihan Virtual Private Server (VPS)

Pengertian Virtual Private Server (VPS) adalah salah satu layanan web hosting dimana penyewa akan mendapatkan server khusus / pribadi dengan menyediakan fungsionalitas dan privasi yang sama seperti fisik komputer normal yang dapat menjalankan sistem operasi sesuai kebutuhan penggunanya. VPS murah merupakan perpaduan antara Shared hosting dan dedicated hosting, karena server berdedikasi virtual dapat memiliki salinan dari sistem operasi dan menyediakan hak akses dalam sistem operasi. VPS dikenal juga dengan nama virtual dedicated server (VDS).

Kelebihan Virtual Private Server (VPS)

VPS secara sederhana merupakan komputer server yang berada di dunia maya. Artinya tidak nyata (virtual) namun kita dapat memiliki dengan cara menyewa. Hampir sama dengan komputer di dunia nyata, VPS memiliki harddisk, memory, prosesor sampai dengan operasi sistem (OS).

Yang paling menyolok dari VPS (Virtual Private Server) yakni beroperasi selama 24 jam tanpa henti dan terhubung dengan jaringan internet. Dengan demikian data serta aplikasi yang ada di VPS dapat diakses atau dijalankan terus menerus selama 24 jam lewat jaringan internet kapan dan dimana saja.

VPS dapat dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machines), dimana di setiap VM adalah berupa “Virtual server” yang dapat di install system operasi tersendiri. VPS terasa seperti sebuah Dedicated Server.

Dibanding dengan shared hosting, menyewa VPS murah akan mendapatkan resource yang lebih baik sehingga tidak terganggu jika ada problem pada website yang dikelola.

Selain itu VPS mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkustomasi server sesuai kebutuhan anda.

Kelebihan VPS dibanding Dedicated Server antara lain VPS lebih Fleksibel dan lebih murah. Penyewa hanya perlu membayar resource yang dibutuhkan, nanti jika kebutuhan meningkat, bisa di upgrade tahap demi tahap.

Fungsi VPS (Virtual Private Server)

Meskipun banyak kelebihan dari VPS, namun penyewa atau pengguna dituntut untuk belajar tentang server lebih lanjut karena mengingat pengopersian VPS sedikit rumit dari pada shared hosting yang bisanya tinggal pakai saja.

Berikut ini beberapa fungsi yang dapat digunakan dalam VPS (Virtual Private Server), antara lain:

  • SSH Tunneling. Berfungsi hampir sama dengan VPN yaitu mengubah IP menjadi IP VPS tersebut. ( Konten – VPS – ISP – Komputer anda )
  • VPN atau Virtual Private Network berfungsi mirip seperti SSH Tunneling, yaitu mengubah IP karena Konten akan melewati VPS Terlebih dahulu sebelum mengirim ke ISP anda,lalu ke Komputer anda.
  • Proxy berfungsi mirip seperti VPN,tetapi tidak seleluasa VPN dalam penggunaanya.
  • VPS dapat difungsikan menjadi tempat menyimpan Web anda ( Web Hosting). Anda dapat dengan leluasa menggunakan resource VPS anda untuk Web Pribadi anda juga.
  • VPS juga dapat digunakan untuk menyimpan File-file yang ingin anda bagikan secara Online dengan orang-orang disekitar anda atau dengan publik.
  • VPS juga dapat dipergunakan untuk Game Private Server seperti Ragnarok, RF Online, Minecraft, dan lain-lainnya.
  • Shoutcast Hosting untuk membuat Radio Online sendiri menggunakan VPS.

Cloud VPS

Saat ini, seiring perkembangan teknologi maka terdapat layanan Cloud VPS atau Cloud Server. Cloud VPS merupakan pengembangan tingkat lanjut dari VPS biasa dengan menerapkan berbagai teknologi Cloud modern, diantaranya: High Availability, Distributed Storage, dan Scalable.

Cloud VPS berjalan pada sebuah Cluster yang terdiri dari banyak server fisik, sedangkan VPS biasanya hanya berjalan pada 1 server fisik. Hal-hal tersebut memberikan performa, skalabilitas, dan ketersediaan/uptime bisa lebih optimal pada Cloud VPS.

Beberapa kelebihan dari Cloud VPS atau Cloud Server yang dikutip dari laman https://www.domainesia.com, antara lain:

  • 10GbE Networking. Setiap server terhubung ke cluster dengan jaringan 10GbE sehingga terbebas dari kongesti jaringan
  • Unlimited Bandwidth. Kuota transfer data unlimited untuk setiap paket Cloud VPS murah tanpa biaya tambahan
  • 500 Mbps Internasional. Alokasi bandwidth internasional yang tinggi untuk segala kebutuhan transfer konten
  • Automatic Failover. Failover secara otomatis ketika terjadi masalah hardware atau server fisik
  • IPv6. Menunjang jaringan modern dan menatap masa depan dengan IPv6
  • Enterprise SSDs. Performa tinggi dan stabil dari komponen enterprise SSD untuk kebutuhan bisnis
  • Linux Distributions. Dukungan berbagai macam distribusi Linux yang diupdate secara berkala
  • Intel Xeon. Processor Intel Xeon untuk kompatibilitas terhadap teknologi terkini

 

Pengertian dan Kelebihan Virtual Private Server (VPS)

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.