Ini Dia 4 Manfaat Penggunaan Rack Server

Rack server merupakan peralatan khusus yang dirancang sebagai tempat perangkat server bekerja. Perangkat yang biasanya diletakkan di rack ini adalah komputer, switch, hub, beserta kabel-kabelnya. Rack server menyediakan tempat agar semua perangkat dan kabelnya disusun secara teratur, sehingga mudah untuk dioperasikan.

Penggunaan Rack Server

Manfaat Penggunaan Rack Server

Bagi pemilik server, terutama perusahaan-perusahaan besar, rack server merupakan salah satu alat paling penting yang harus dimiliki. Mengapa demikian? Berikut 4 manfaat yang dapat diberikan oleh rack server.

1. Meningkatkan Kinerja Perangkat Server

Untuk menjaga agar server berjalan dengan lancar, dibutuhkan aliran udara yang baik. Jika aliran udara terganggu, maka suhu perangkat akan naik, dan kinerja server akan menurun. Selain itu, perangkat Anda juga berisiko mengalami overheating.

Rack server telah dirancang untuk menjaga agar server tetap berjalan lancar. Beberapa rack server juga dilengkapi dengan pendingin udara sendiri, sehingga suhu perangkat server akan tetap berada dalam batasan yang normal. Dengan begitu, kinerja perangkat server akan bertambah, dan risiko server down akan lebih dapat dicegah.

2. Meningkatkan Keamanan

Selain melindungi server dari udara luar dan objek lain yang dapat mengganggu, rack server juga dapat melindungi data yang ada di dalam server itu. Jika Anda memiliki server dalam jumlah yang besar, tentu saja Anda membutuhkan keamanan yang lebih.

Rack server dapat menjaga server Anda agar terhindar dari gangguan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa memasang kunci agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

3. Mempermudah Perawatan

Di dalam rak server, semua perangkat dan kabelnya bisa disusun dengan rapi. Hal ini membuat perawatannya semakin mudah untuk dilakukan. Semua ada pada tempatnya, dan jika ada masalah, sumber masalah akan lebih cepat terdeteksi. Kabel-kabel perangkat yang ada di dalamnya sudah disusun secara teratur sejak pemasangan rak server.

Dengan perawatan yang mudah, Anda tentu tidak perlu khawatir jika ada masalah pada server. Rack server telah membuat perawatannya jadi lebih sistematis dan mudah.

4. Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Ada banyak jenis rack server yang tersedia di pasaran. Mulai dari tipe, ukuran, jumlah pintu, mesin pendingin, dan lain-lain. Jika itu tidak cukup, Anda juga bisa merancangnya dengan desain sendiri, sesuai yang Anda butuhkan.

Saat ini, terdapat banyak vendor yang menyediakan jasa rancangan rack server. Anda bisa memilih sesuai dengan harga yang sesuai dengan bujet, dan kualitas yang Anda inginkan.

Demikian 4 manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan rack server. Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, Anda tentu menyadari betapa pentingnya rack server, bukan? Jika Anda ingin memiliki rack server, ada banyak pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Salah satu jenis yang paling diminati adalah rack server 42U. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Manfaat Penggunaan Rack Server

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *