Selasa, 19 September 2017

Pengertian Organisasi Secara Umum

Berbagai macam organisasi ada di sekitar kita yang memiliki tujuan berbeda-beda. Ada tujuan organisasi yang mencari keuntungan, ada yang untuk memberikan jasa pelayanan nir laba kepada masyarakat, dan ada yang untuk melakukan aktivitas sosial, dan lain-lain. Sebagai contoh: organisasi berbentuk perusahaan, sekolah, instansi pemerintah, sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Pengertian organisasi secara umum adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Istilah organisasi berasal dari bahasa Yunani “organon” yang berarti alat. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul; bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali; dalam memanfaatkan sumber daya; sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli


Banyak ahli mencoba membuat definisi untuk memberi gambaran tentang organisasi dalam buku yang mereka buat, yang terkadang berbeda satu dengan yang lainnya, seperti yang ada di bawah ini.
  • Schermerhorn, Hunt & Osborn mendefinisikan organisasi sebagai “kumpulan orang yang bekerja sama dengan cara mendistribusikan pekerjaan guna mencapai tujuan tertentu.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar; dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi; yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  • Stacey menyimpulkan bahwa organisasi dibentuk oleh manusia merupakan jaringan orang-orang, yang berfungsi sebagai agen-agen individu dan berinteraksi satu sama lain secara internal dalam suatu organisasi. Di samping itu, mereka juga berinteraksi secara eksternal dengan agen-agen lain dari organisasi yang berbeda. 
Beberapa pengertian organisasi dari para ahli di atas pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.

Setiap organisasi berusaha untuk bertahan hidup dengan berproses sedemikian rupa sehingga organisasi lain dapat berinteraksi dengan organisasi tersebut. Atas dasar itu, organisasi harus menentukan sasaran dan tujuannya.Setiap organisasi memiliki harapan (expectation), yang biasanya dituangkan dalam tujuan organisasi, misi, dan visi organisasi.

Efektivitas Perilaku Organisasi


Efektivitas perilaku organisasi dapat dievaluasi dengan melihat dua hal, yaitu (1) pencapaian sasaran dan (2) proses pelaksanaan organisasi, yang tercermin dalam perilaku organisasi ketika berinteraksi dengan lingkungan internal dan eksternal. 

Baik pencapaian sasaran maupun proses pelaksanaan organisasi memiliki peran yang sama penting bagi organisasi karena pencapaian sasaran yang tidak disertai dengan proses pelaksanaan organisasi yang baik akan mengakibatkan usaha pencapaian sasaran tidak dapat berlangsung lama. Dengan kata lain, proses organisasi yang buruk akan dapat menurunkan tingkat efisiensi yang berdampak pada menurunnya pencapaian sasaran pada periode berikutnya.

Oleh karena itu, pendiri dan pelaku organisasi menginginkan agar semua aktivitas yang dilaksanakan oleh pelaku organisasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Agar dapat mencapai harapan tersebut organisasi harus dapat berproses melalui interaksi baik di tingkat individu atau kelompok dalam organisasi maupun di luar organisasi.

Agar pencapaian hasil sesuai dengan harapan, seluruh proses interaksi internal dan eksternal harus dapat terlaksana dengan tingkat efektivitas sesuai target organisasi. Kunci keberhasilan proses organisasi ini terletak pada pengelolaan manusia. Pengelolaan manusia yang baik adalah motor utama organisasi agar semua bagian mampu berproses atau berinteraksi secara efisien untuk mencapai sasaran organisasi.

Sedangkan, penggunaan struktur organisasi dan penerapan peraturan serta kebijakan hanyalah merupakan alat bantu organisasi untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, pengelolaan sumber daya manusia tidak semudah pengelolaan sumber daya yang lain seperti halnya faktor produksi, karena manusia memiliki emosi, persepsi, nilai, dan stres yang memengaruhi motivasi untuk bekerja serta rawan konflik baik di tingkat individu maupun kelompok.

Sebagai contoh, sebuah pengertian organisasi berbentuk perusahaan yang bergerak dalam industri furniture memiliki sejumlah karyawan yang bekerja di bagian produksi, bagian pengendalian kualitas, dan bagian gudang untuk menghasilkan produk dengan kuantitas dan kualitas yang sesuai dengan permintaan pasar. Mereka saling bekerja sama, berinteraksi, dan bersinergi satu sama lain untuk menghasilkan produk tersebut. 

Semua kebutuhan bahan baku untuk kegiatan mereka dipasok oleh bagian pembelian yang bertugas mencari dan memperoleh bahan baku dari pihak lain yang berada di luar perusahaan. Karyawan di bagian pembelian banyak berinteraksi dengan pihak luar dan harus memelihara hubungan baik dengan pemasok untuk menjaga kesinambungan persediaan bahan dengan kuantitas, kualitas, dan harga yang sesuai.

Berbeda dengan karyawan yang bekerja di bagian produksi, pengendalian kualitas, dan pergudangan, yang lebih banyak berinteraksi secara internal dengan karyawan dalam perusahaan,  Demikian pula dengan karyawan di bagian pemasaran, mereka lebih banyak berhubungan dengan pelanggan dan distributor untuk memasarkan hasil produksi dengan jumlah dan harga tertentu.


Pengertian Organisasi - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...