Pengertian Organisasi Secara Umum

Berbagai macam organisasi ada di sekitar kita yang memiliki tujuan berbeda-beda. Ada tujuan organisasi yang mencari keuntungan, ada yang untuk memberikan jasa pelayanan nir laba kepada masyarakat, dan ada yang untuk melakukan aktivitas sosial, dan lain-lain. Sebagai contoh: organisasi berbentuk perusahaan, sekolah, instansi pemerintah, sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya.

organisasi

Pengertian organisasi secara umum adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Istilah organisasi berasal dari bahasa Yunani “organon” yang berarti alat.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul; bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali; dalam memanfaatkan sumber daya; sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Blog Kanal Informasi

 

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Banyak ahli mencoba membuat definisi untuk memberi gambaran tentang organisasi dalam buku yang mereka buat, yang terkadang berbeda satu dengan yang lainnya, seperti yang ada di bawah ini.

Schermerhorn, Hunt & Osborn mendefinisikan organisasi sebagai “kumpulan orang yang bekerja sama dengan cara mendistribusikan pekerjaan guna mencapai tujuan tertentu.

Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar; dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi; yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Stacey menyimpulkan bahwa organisasi dibentuk oleh manusia merupakan jaringan orang-orang, yang berfungsi sebagai agen-agen individu dan berinteraksi satu sama lain secara internal dalam suatu organisasi. Di samping itu, mereka juga berinteraksi secara eksternal dengan agen-agen lain dari organisasi yang berbeda.

Beberapa pengertian organisasi dari para ahli di atas pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.

Setiap organisasi berusaha untuk bertahan hidup dengan berproses sedemikian rupa sehingga organisasi lain dapat berinteraksi dengan organisasi tersebut. Atas dasar itu, organisasi harus menentukan sasaran dan tujuannya.Setiap organisasi memiliki harapan (expectation), yang biasanya dituangkan dalam tujuan organisasi, misi, dan visi organisasi.

 

Pengertian Organisasi – Kanal Info

Semoga Bermanfaat
loading...

You May Also Like

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *