Kamis, 11 Mei 2017

Pengertian Algoritma dan Sejarahnya.

Pengertian algoritma adalah langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis untuk menghasilkan solusi yang tepat. Awalnya algoritma digunakan untuk penghitungan dalam ilmu matematika namun dalam perkembangannya, kata algoritma justru banyak dipakai pada bidang pemrograman komputer.

Istilah algoritma dalam bahasa Indonesia diserap dari Bahasa lnggris “algorithm” yang secara etimologi berasal dari bahasa Arab "algorism" yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Seorang algorist adalah seorang yang menghitung  menggunakan angka Arab.

Pengertian Algoritma dan Sejarah algoritma.

Sejarah Algoritma


Para ahli sejarah matematika meyakini bahwa kata algorism berasal dari nama penulis buku juga ahli matematika berkebangsaan Arab yang terkenal yaitu Abu Ja'far Muhammad lbnu Musa Al-Khuwarizmi (770-840) Sebagian referensi menulis Abu Abdullah Muhammad lbnu Musa Al-Khawarizrni.

Orang barat melafalkan Al-Khuwarizmi dengan algorism. Entah karena Al-Khuwarizmi seorang algorist yang pintar, kemudian untuk selanjutnya dikenal dengan algorism sebagai definisi untuk langkah penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan solusi oleh orang barat.

Al-Khuwarizmi lahir di Khwarizm (kheva), kota yang terletak di selatan Sungai Oxus (sekarang Uzbekistan). Ketika masih kecil, ia pindah bersama orangtuanya ke selatan kota Baghdad (Irak).

Salah satu buku Al-Khuwarizmi yang terkenal adalah Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang berarti “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu jugalah didapat kata “Aljabar” yang sekarang menjadi salah satu cabang ilmu matematika.

Dalam bidang komputer, algoritma dideļ¬nisikan sebagai urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Sebuah sumber lain menuliskan algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan ditulis secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

Seperti halnya sebuah bangunan yang kuat memiliki struktur rangka yang baik. Demikian juga pada program atau aplikasi yang baik juga harus disusun oleh struktur pemrograman yang baik. Teknik penyusunan struktur program disebut dengan algoritma.


Pengertian Algoritma - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...