Selasa, 13 Desember 2016

Pengertian Surat Referensi Dan Contohnya

Pengertian Surat Referensi adalah surat yang dibuat dan dikeluarkan apabila ada suatu lembaga atau perusahaan yang memerlukan informasi tentang keadaan seseorang. Misalnya mantan siswa suatu sekolah atau mantan karyawan suatu kantor/ perusahaan atau nasabah sebuah bank, karena perusahaan tersebut ingin meminta keterangan tentang orang yang bersangkutan.

Jenis surat referensi bersifat rahasia, hanya diketahui oleh pihak yang meminta keterangan dan pihak yang memberi keterangan, sedangkan orang yang bersangkutan tidak mengetahui tentang isi referensi tersebut. Oleh karena itu, surat referensi harus objektif. Pemberi informasi tidak ikut bertanggungjawab terhadap keterangan yang diberikan jika seandainya di kemudian hari tidak lagi sesuai dengan keterangan-keterangan yang telah diberikan.

Surat referensi berguna antara lain:

  1. sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan yang akan menerima calon karyawan mengenai kepribadiannya; 
  2. untuk meningkatkan kepercayaan dari pihak perusahaan yang akan memberikan kredit kepada calon debitur: 
  3. untuk mengetahui keadaan keuangan dari calon debitur (nasabah dari suatu bank).

Isi dan Macam Surat Referensi

Isi Surat Referensi

Ada berbagai macam surat referensi yang sering dibuat, isi dan sasarannya pun berbeda-beda. Namun dalam garis besarnya, surat referensi berisi:
  • keterangan-keterangan yang menyangkut kelakuan pribadi seseorang selama ia sejauh diketahui atau dalam kaitannya dengan pemberi informasi; 
  • keterangan tentang prestasi-prestasi yang pernah dicapai; 
  • kejujuran maupun ketidakjujuran seseorang dalam menepati janji terhadap kreditur dan pembayaran hutang; 
  • keadaan keuangan calon nasabah.
Macam-Macam Surat Referensi

Dilihat dari kepentingannya dan isinya, maka macam-macam surat referensi dibagi menjadi surat referensi dagang, surat referensi bank, dan surat referensi jabatan.
  • Surat referensi dagang adalah surat yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada perusahaan lain (yang akan menjadikreditur) tentang keadaan calon debitur orang yang pernah menjadilangganan atau relasi dari pemberi informasi. 
  • Surat referensi bank adalah surat yang dikeluarkan oleh bank, yang berisi keterangan perusahaan yang menjadi nasabahnya. Keterangan yang diberikan mengenai keuangan calon debitur yang menjadi nasabah bank tersebut, kejujuran pembayaran hutangnya kepada bank, dan lain-lain. 
  • Surat referensi jabatan adalah surat yang diberikan sekolah perusahaan mengenai seseorang yang pernah bersekolah/bekerja di tempat pemberi informasi. Keterangan berisi kepribadian, kreativitas, dan sebagainya.

Contoh Surat Referensi

Contoh surat permohonan referensi permintaan barang berdasarkan iklan.

Contoh surat permohonan referensi permintaan barang berdasarkan iklan.

Contoh surat permohonan referensi nasabah bank 

Contoh surat permohonan referensi nasabah bank


Contoh surat referensi Bank atas nasabahnya

Contoh surat referensi Bank atas nasabahnya


sumber & gambar: Administrasi Perkantoran - Kanisius


Pengertian Surat Referensi Dan Contohnya - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...