Kamis, 01 Desember 2016

Pengertian Musik atau Lagu Mars

Pengertian musik atau lagu mars adalah sebuah jenis musik dengan memiliki komposisi irama yang teratur dan menghentak atau dimainkan dengan lebih bertenaga/keras (dinamik marcato) serta memiliki tempo cepat seperti orang berbaris (tempo mars). Birama (ketukan) yang digunakan lagu mars umumnya adalah genap seperti 2/4, 4/4, 6/8.

Awalnya lagu mars diciptakan untuk kalangan militer sebagai lagu dalam mengiringi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pasukan tanpa menggunakan syair melainkan hanya alat musik seperti drum, simbal dan trompet, seperti untuk parade devile, upacara, penyemangat perang dan lain sebagainya.

Pengertian Musik atau Lagu Mars

Dalam perkembangannya, tempo dan dinamik lagu mars mulai banyak digunakan bukan saja untuk kalangan militer melainkan juga digunakan oleh kalangan luas dengan membuat lagu mars seperti musik klasik, musik dansa, lagu perjuangan. Bahkan saat ini banyak organisasi yang menggunakan lagu mars dan lagu hymne sebagai identitas organisasinya.

Dalam catatan sejarah perkembangan musik, pada abad XVI lagu ''Thoinot Arbeau'' merupakan lagu ber-genre mars pertama kali yang kemudian menjadi inspirasi para komponis dunia seperti, Mozart, Beethoven, Schubert dan lain-lainnya.


Contoh lagu mars


Musik atau lagu mars atau disebut juga lagu marcia identik dengan semangat, riang gembira, kekompakan, jiwa persatuan dan kesatuan, dengan memiliki lirik yang cenderung provokatif.

Biasanya lagu mars dinyanyikan oleh perorangan, kelompok atau paduan suara dengan atau tanpa diiringi musik serta marching band, untuk mengiringi suatu parade atau prosesi.

Contoh lagu mars: Indonesia Raya, Maju Tak gentar, Halo-Halo Bandung, Mars PGRI, Mars Korpri dan lain sebagainya.

Lagu Mars PGRI




Pengertian Musik atau Lagu Mars - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...