5 Perbedaan WhatsApp Web Dan WhatsApp Desktop

WhatsApp Web Dan Desktop

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian pengguna WhatsApp. Keduanya dapat diakses melalui komputer, tetapi tidak persis sama. Jadi, apa perbedaan antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop?

Aplikasi perpesanan WhatsApp tidak hanya dapat diinstal di perangkat Android, tetapi juga dapat digunakan di komputer desktop seperti PC atau laptop. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi WhatsApp. Memiliki WhatsApp versi web dan desktop sangat berguna karena membuat aplikasi obrolan ini lebih mudah dan lebih fleksibel untuk digunakan pengguna. Baca juga: Whatsapp Clone

Perbedaan WhatsApp Web Dan Desktop

Anda juga dapat menggunakan WhatsApp di desktop dengan dua cara: WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web. Kedua fitur ini masih memerlukan koneksi seluler untuk mengakses WhatsApp di perangkat desktop Anda.

Namun, ada beberapa perbedaan antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Uraian berikut dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com pada Selasa, 24/5/2022.

1. Tampilan antarmuka

Mengutip GuidingTech, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, kedua layanan ini dirancang serupa untuk memiliki antarmuka, tata letak, desain, fitur, dan pengaturan yang sama. Hanya ada sedikit perbedaan tampilan dari segi kenyamanan layar.

WhatsApp Desktop adalah aplikasi terpisah, sehingga Anda dapat memaksimalkan tampilannya dalam mode layar penuh atau layar penuh. Saat menggunakan WhatsApp Web, tidak dapat memenuhi layar karena diakses melalui browser web seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

2. Bagaimana menuju ke sana?

Pemegang akun WhatsApp dapat menggunakan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Untuk menggunakan WhatsApp Web, cukup akses situs web WhatsApp di browser Anda dan pindai kode QR langsung ke aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

Jadi, dengan WhatsApp Web, Anda tidak memerlukan aplikasi khusus dan Anda dapat terhubung ke laptop apa pun. Saat berada di WhatsApp Desktop, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi di komputer Anda. Setelah instalasi, cukup pindai kode QR untuk menautkan akun WhatsApp Anda di ponsel ke aplikasi desktop.

3. Rama

Perbedaan selanjutnya antara WhatsApp web dan WhatsApp desktop adalah dalam hal konsumsi RAM karena web WhatsApp aktif sedikit lebih besar daripada aplikasi desktop WhatsApp. Perbedaan penggunaan RAM tidak terlalu besar, namun konsumsi memori WhatsApp Desktop yang relatif rendah membuat kinerja komputer menjadi lebih ringan dan lancar.

4. Pemberitahuan

Notifikasi pesan masuk atau notifikasi di Whatsapp Web disorot dengan suara saja. Selain itu, popup pesan masuk tidak muncul sebagai indikasi jumlah notifikasi pesan masuk, hanya jumlah pesan baru yang muncul di tab web browser WhatsApp. Ini berbeda dari WhatsApp Desktop. Selain suara notifikasi, ada juga popup pesan masuk dan baris pesan yang belum dibaca.

5. Panggilan video dan fungsi panggilan telepon

Kemudian, perbedaan terpenting antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop adalah adanya kemampuan panggilan video dan telepon. WhatsApp Web tidak memiliki panggilan video dan panggilan telepon. Sementara itu, WhatsApp Desktop telah mendapatkan pembaruan sejak awal tahun lalu, memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan panggilan telepon. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu membuka kunci ponsel untuk terhubung ke WhatsApp.

Dari perbedaan di atas, Anda dapat melihat bahwa WhatsApp Desktop memiliki banyak keunggulan dibandingkan WhatsApp Web. Namun, keduanya dapat digunakan dan didukung untuk mengakses WhatsApp melalui komputer atau laptop.

Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika spesifikasi laptop Anda tidak memiliki banyak memori atau Anda memiliki sistem operasi versi lama, WhatsApp Web bisa menjadi alternatif. Berikut cara menggunakan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop.

Cara menggunakan web WhatsApp

Untuk membuka WhatsApp melalui web WhatsApp, tentu saja Anda harus memiliki akses ke browser Anda untuk membukanya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dll.
  • Kunjungi https://web.whatsapp.com/.
  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  • Ketuk ikon tiga titik di Android atau Pengaturan di iOS.
  • Pilih Hubungkan Perangkat atau Hubungkan Perangkat.
  • Arahkan kamera ponsel cerdas Anda ke kode QR di layar situs web WhatsApp.
  • Tunggu hingga proses pemindaian kode QR selesai dan pesan “End to Encryption” muncul di perangkat Anda.

Setelah proses sinkronisasi selesai, akan muncul halaman beranda WhatsApp.

Cara menggunakan WhatsApp Desktop

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi WhatsApp standalone di PC atau laptop, WhatsApp Desktop hanya tersedia untuk Windows 8.1+ atau macOS 10.10+. Berikut cara menggunakannya:

  • Unduh dan instal WhatsApp Desktop melalui https://www.whatsapp.com/download/.
  • Kemudian klik UNDUH UNTUK WINDOWS jika Anda menggunakan Windows.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai sebelum membuka file unduhan.
  • Klik icon WhatsApp lalu install sampai selesai.
  • Jika sudah, WhatsApp akan muncul di desktop perangkat Anda.
  • Buka aplikasi dan pindai kode QR dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Anda dapat menggunakan WhatsApp Desktop dengan memindai kode QR dan proses sinkronisasi selesai.

Sumber: Derapdesa.id

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.