Perbedaan Proxy dan VPN, Pilih yang Mana?

proxy vs vpn

Proxy dan VPN merupakan sebuah layanan jaringan internet untuk keamanan data dan menjaga informasi agar tetap aman saat berselancar. Meskipun keduanya dapat menyembunyikan alamat IP, namun masing-masing memiliki perbedaan layanan dengan berbagai keragamannya.

Perbedaan Proxy dan VPN

Secara umum Proxy dan VPN akan bekerja sebagai gerbang yang melayani pengguna internet dengan jaringan internet. Kedua layanan tersebut menjadi vital jika pengguna menginginkan keamanan data tetap terjaga saat mengakses sebuah website. Namun mana yang lebih baik, menggunakan proxy atau VPN?

Pengertian Proxy

Apa itu proxi? Proxy merupakan layanan keamanan data yang cukup sederhana dan ringan. Proxy digunakan pada browser atau peramban internet yang memungkinkan alamat IP pengguna dapat disembunyikan dengan mengatur ke server independen terlebih dahulu di peramban.

Dengan menggunakan Proxy semua data saat berselancar terlebih dahulu dikirimkan ke server proxy dan kemudian mengirimkan kembali situs web yang diinginkan. Dengan demikian, pengguna proxy akan menjadi anonimitas saat browsing atau streaming di internet karena alamat IP dan lokasi tersembunyi dan hanya akan melihat alamat server proxy.

Umumnya proxy ini gratis, namun sebaiknya mencari server proxy yang resmi dan terpercaya. Meskipun telah mendapatkan anonimitas serta memberikan proteksi terhadap pengawasan eksternal, namun pemilik server proxy juga perlu ketahui karena pemilik server proxy bisa mengakses data pengguna dan biasanya akan menyimpan record-nya.

Kegunaan utama dari layanan proxy adalah menghindari blokir geolokasi untuk mengakses situs yang tidak bisa ditampilkan di negara atau lokasi karena aturan penyensoran, atau blokir situs tertentu yang telah ditetapkan oleh kantor, sekolah, dll.

Proxy juga bisa menyembunyikan lokasi pengguna dan membantu untuk membatasi jumlah iklan yang muncul karena alamat IP Anda yang tersembunyi. Dengan demikian, proxy merupakan cara mudah bagi pengguna yang menginginkan solusi sementara berdasarkan pada lokasi atau jika hanya untuk digunakan dengan sistem yang terbatas serta tidak perlu menginstall software.

Pengertian VPN

VPN (Virtual Private Network) atau Jaringan Privat Virtual merupakan jaringan area lokal pribadi  yang bisa diperluas hingga melintasi internet sehingga dapat digunakan secara anonim saat berselancar ke dunia maya.

Meskipun layanan VPN memenuhi semua fungsi yang sama dengan proxy, namun VPN memiliki lebih banyak fitur untuk keandalan, keamanan data dibandingkan proxy. Data pengguna saat berselancar telah dienkripsi di VPN sehingga semua informasi penjelajahan dan data pribadi tetap aman, karena menggunakan sebuah jaringan privat dan bukannya alamat IP dan lokasi Anda.

Selain itu, server proxy hanya menyembunyikan dari situs yang dikunjungi dan biasanya menyimpan catatan sedangkan secara umum VPN tidak menyimpan data pencarian atau informasi pribadi penggunanya serta VPN mengharuskan install software dari penyedia VPN di perangkat komputer.

Hanya saja untuk mendapatkan layanan VPN yang handal serta banyak fitur harus membeli dengan harga yang relatif mahal berbeda dengan proxy yang biasanya gratis. Ada juga VPN gratis, sih.. tapi memiliki fitur terbatas. Ada tersedia berbagai jenis layanan VPN yang ada, yaitu VPN korporasi dan VPN konsumen.

Pilih Proxy atau VPN?

Setelah mengetahui perbedaan antara Proxy dengan VPN, selanjutnya pilih yang mana? Mana yang lebih baik?

Kembali kepada pengguna. Proxy (proksi, peladen, pewali) umumnya lebih mudah digunakan dibandingkan VPN, namun proxy kurang aman dan privasi serta anonimitas mungkin tidak terjamin.

Layanan VPS  menawarkan keamanan tambahan dan enkripsi yang bertindak untuk memproteksi informasi saat menjelajah di hotspot umum. Hal ini tentu sangat diharapkan terutama bagi yang sering melakukan aktivitas online yang sensitif seperti menggunakan kata sandi atau informasi sensitif lainnya. Bahkan jika peretas berusaha mendapat akses pada informasi sensitif, maka enkripsinya akan memastikan bila data tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Proxy umumnya dapat diperoleh secara gratis, sedangkan VPN umumnya berbayar untuk mendapatkan layanan yang full. Dan biasanya harga VPN relatif mahal. Namun beberapa orang memanfaatkan webhosting untuk membuat server VPN sendiri. Ada salah satu tempat jual beli hosting gratis domain yang bisa kamu pilih dan coba hubungi CS untuk menanyakan apakah bisa untuk server VPN.

Kesimpulan

Layanan Proxy dan VPN pada dasarnya memiliki fungsi yang sama namun dengan beberapa fitur yang berbeda tentang keandalan, keamanan, dan keselamatan. Pada situasi tertentu proxy merupakan pilihan terbaik, namun Jika mencari solusi jangka panjang untuk memproteksi data, keamanan dan fungsionalitas, maka VPN pastilah menjadi pilihan terbaik.

 

Perbedaan Proxy dan VPN

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *