5 Cara Bermain Saham yang Tepat Bagi Pemula

Bagi mereka yang masih baru terjun ke investasi saham, wajib mengetahui cara bermain saham dengan baik dan benar. Hal itu bertujuan agar investasi dengan resiko tinggi ini dapat menghasilkan keuntungan yang memuaskan di masa depan. Buat kalian jika tertarik mencoba, pahami dulu uraian berikut ini!

Cara Bermain Saham Bagi Pemula

Cara Bermain Saham Bagi Pemula

Saham secara sederhana merupakan bukti penanaman modal pada sebuah badan usaha tertentu. Jadi dapat dikatakan bahwa ia adalah alat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau perseroan.  Melakukan Investasi saham dapat diartikan bahwa seseorang membeli saham dari sebuah badan usaha tersebut.

Ada juga Investasi saham dilakukan secara online, berarti pembelian saham tersebut menggunakan hp atau komputer yang telah terhubung dengan internet. Bermain saham online artinya melakukan transaksi jual beli saham melalui aplikasi/ software trading online.

Blog Kanal Informasi

Berikut cara bermain saham agar terhindar dari penipuan (sumber info):

1. Memilih Sekuritas dengan Harga Transaksi Kecil

Dalam melakukan investasi saham, investor harus membuka rekening dana nasabah yang telah difasilitasi oleh perusahaan sekuritas tersebut. Lalu, setelah rekening itu jadi, nasabah diharuskan melakukan top-up yang berfungsi sebagai e-money.

E-money yang tersedia tentu bisa gunakan untuk membeli saham secara online. Biaya transaksi yang diajukan kepada para investor berbeda-beda antara sekuritas satu dan lainnya. Biaya transaksi merupakan biaya pembelian dan penjualan saham. Nantinya dijadikan sumber pendapatan perusahaan dan sekuritas yang bersangkutan.

Jika biaya transaksi makin kecil, maka investor juga akan semakin diuntungkan. Namun, bukan berarti yang memiliki biaya besar tidak layak untuk dipilih. Mungkin saja lebih mengunggulkan pelayanan terhadap nasabah dan aplikasinya juga bagus.

2. Jangan Terlalu Menghemat

Ketika rekening efek sudah ada dan aplikasi trading sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah transfer dana ke rekening tersebut. Mungkin kebanyakan orang masih ragu atau takut kehilangan uang di investasi ini. Namun, Anda bisa memulainya hanya dengan budget 5 ribuan saja.

Dalam transaksi saham, satu lot terdiri dari 100 lembar saham dengan harga perlembar hanya Rp.50. Tapi dengan budget yang receh ini, investor tentu saja belum bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal, melainkan harus ada resiko terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, kalian pilih nominal yang sekiranya mendapatkan keuntungan setidaknya 1% dan membuat bahagia. Namun, pastikan tidak menggunakan seluruh uang atau aset yang dimiliki.

3. Memilih Saham di Indeks LQ45 atau IDX30

Indeks saham yang dikeluarkan oleh BEI ialah ukuran statistik perubahan harga dari beberapa kumpulan saham, kemudian dipilih berdasarkan kriteria.

Kalian bisa memilih saham yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30. Karena memiliki kualiditas begitu unggul dan fundamental perusahaanya juga terbilang baik. Saham yang masuk pada indeks tersebut dinamakan dengan istilah blue chip.

4. Membeli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Menjadikan saham perbankan dan bidang consumer good sebagai yang pertama. Karena perusahaan ini merupakan perusahaan dengan bisnis sederhana. Selain itu, produk mereka banyak digunakan oleh masyarakat, sehingga otomatis mereka selalu mendapatkan laba yang signifikan.

5. Melakukan Average Down saat Merasa Rugi

Ketika mengalami kerugian dengan harga yang semakin anjlok, maka yang perlu dilakukan adalah average down.

Average down merupakan strategi dalam investasi dengan membeli secara bertahap saat harga di pasar sedang mengalami penurunan. Cara bermain saham ini tidak membuat nilai investasi semakin anjlok, namun akan mengikuti kondisi pasar,

Itulah uraian tentang cara bermain saham yang cocok buat pemula dan bakal terhindar dari penipuan.  jika Anda sudah tertarik silahkan mencoba, semoga informasi diatas dapat membantu.

 

Cara Bermain Saham Bagi Pemula

Loading...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *