Cara Mudah Buat Toko Online dengan Website Builder

Saat ini keberadaan toko online semakin menjamur. Kehadiran marketplace sebagai perantara antara penjual dan pembeli secara online di dunia maya membuat peluang bagi siapa saja untuk bisa berbisnis online. Bukan hanya perorangan maupun usaha kecil, tidak sedikit ritel-ritel besar yang akhirnya juga membuka toko online untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas.

Buat Toko Online dengan Website Builder

Cara Mudah Buat Toko Online

Saat ini juga semakin mudah untuk membuat website di internet, termasuk juga website bisnis atau toko online. Ada dua komponen dasar dalam membuat website toko online, yaitu:

1. Domain.

Kita harus memiliki domain sebagai alamat website untuk toko online. Meskipun ada domain (subdomain) gratis, namun sangat disarankan membeli domain sendiri dengan nama yang unik, padat, dan tepat sasaran. Ada cara yang hemat membeli domain yaitu dengan memanfaatkan promo domain COM dari Niagahoster.  Selain berfungsi sebagai branding bisnis, domain tersebut nantinya akan muncul dalam hasil pencarian di internet.

2. Web Hosting

Memiliki hosting sendiri juga sangat disarankan untuk memiliki toko online. Dengan menyewa hosting, kita bisa menyesuaikan maupun mengatur website yang bisanya tidak didapatkan jika menggunakan hosting gratisan. Terlebih penyedia hosting pada umumnya menyediakan website builder yang bisa digunakan untuk membangun toko online dengan mudah.

Penyedia web hosting Niagahoster menawarkan beragam paket hosting yang bisa dipilih untuk toko online. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari 10 ribu per bulan yang bisa digunakan sebagai awal belajar toko online, serta ada garansi 30 hari uang kembali.

Dengan dukungan LiteSpeed Web Server agar waktu loading website meningkat pesat serta teknologi keamanan Imunify 360 agar website terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat, maka Niagahoster banyak dipilih sebagai hosting untuk bisnis online.

Mengelola Toko Online dengan Website Builder

Banyak cara membuat website e-commerce atau toko online dengan berbagai platform yang ada. Kita tinggal mencari cara mana yang paling mudah. Salah satunya adalah menggunakan website builder seperti Zyro yang dirancang untuk aplikasi perancang web e-commerce dan tidak perlu terampil bahasa pemrograman saat memakainya.

Mengelola toko online dengan website builder Zyro akan diberikan pengalaman terbaik dalam menciptakan etalase toko online yang mampu memikat pembeli, mulai dari memilih template, mengatur layout dan tampilan web, sampai mengelola bisnis online.

Meskipun demikian, perlu diperhatikan cara mengelola website secara umum dan khususnya untuk toko online dengan baik dan benar. Berikut penjelasannya.

1. Tampilan toko online yang profesional

Profesional di sini berarti tampak seperti orang yang ahli di bidangnya. Meskipun tidak begitu terampil dengan bahasa pemrograman, namun buat tampilan website layaknya toko online yang profesional dengan desain web yang berfungsi dengan baik dan berkesinambungan. Sehingga nantinya siapa saja yang berkunjung ke toko online Anda memperoleh pengalaman menyenangkan. Pengalaman positif saat berkunjung ke web akan mendorong konversi menuju pembelian.

Selain itu, saat ini pengguna internet lebih banyak secara mobile dengan menggunakan gadget atau smartphone. Bahkan belanja online pun semakin meningkat melalui smartphone. Oleh karena itu website toko online pun harus mobile-friendly. 

Membuat toko online dengan website builder memiliki keuntungan karena ada versi mobile sehingga tidak perlu lagi mengutak-atik template yang ada. Jika masih ragu, coba trik dengan menampilkan desain vertikal maupun horizontal. Kemudian, jangan lupa lakukan uji mobile responsive web toko online dengan mengaksesnya dari smartphone. Jelajahi juga tiap navigasi web guna memeriksa apakah ada kesalahan.

2. Pilihan opsi pembayaran dan pengiriman

Salah satu faktor orang senang berbelanja online adalah kemudahan dalam pembayaran. Ketersediaan beberapa opsi pembayaran online akan bisa menaikkan kredibilitas sebagai toko online terpercaya. Oleh karena itu maksimalkan metode pembayaran yang ada di website builder, serta mempertimbangkan juga untuk menjalin kerja sama dengan berbagai penyedia aplikasi pembayaran online yang ada

Selain pembayaran, opsi pengiriman terkadang memiliki pengaruh terhadap penjualan. Beberapa toko online opsi pengiriman memang ada yang bergantung pada produk, tipe bisnis, target pasar. Namun solusi yang bisa ditawarkan e-commerce adalah menentukan rekanan ekspedisi serta mencantumkannya dalam web dengan jelas.

Bagaimanapun juga kecepatan, ketepatan, serta keamanan pengiriman memiliki peran sangat signifikan bagi reputasi toko online. Meskipun kualitas barang bagus atau murah, namun jika pengiriman sering lambat maka bisa saja konsumen akan berpikir dua kali untuk berbelanja kembali.

3. Integrasikan dengan media sosial

Yang terakhir, jangan lupa cantumkan link media sosial paling populer yang kamu miliki pada website toko online. Selain itu bangun pemasaran efektif di platform media sosial. Hal ini bisa menaikkan brand awareness  toko online, juga bisa membangun engagement dengan konsumen dan calon pembeli.

Membangun toko online tidak harus menggunakan website builder seperti Zyro. Menggunakan cms wordpress pun bisa. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan hosting. Pilih penyedia layanan web hosting yang benar-benar profesional. Jangan terpancing dengan harga murah namun benar-benar murahan.

 

Cara Mudah Buat Toko Online dengan Website Builder

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *