5 Aplikasi Sosial Media Karya Anak Bangsa

Aplikasi media sosial CUiT

Saat ini penggunaan aplikasi sosial media sudah sangat lazim digunakan sehari-hari. Hampir semua kalangan masyarakat mulai dari tingkat bawah hingga atas menggunakan media sosial untuk kepentingan masing-masing, entah itu bisnis, diskusi, belajar maupun hanya sekedar mengobrol.

Beragam aplikasi pun dapat dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan. Bukan hanya buatan luar negeri, aplikasi sosial media karya anak bangsa yang dibuat oleh beberapa anak muda Indonesia pun tidak kalah keren dan mendapat sambutan masyarakat.

5 Aplikasi Sosial Media karya Anak Bangsa Indonesia

Sebenarnya cukup banyak aplikasi sosial media karya anak bangsa Indonesia yang dapat diunduh dan digunakan. Namun dalam artikel kali ini hanya membahas 5 aplikasi saja yang bisa menjadi alternatif sebagai media sosial, antara lain:

1. One Click Democracy (OCD)

One Click Democracy (OCD)

Aplikasi sosial media One Click Democracy (OCD) ini dibuat oleh PT. Teknologi Demokrasi Indonesia dengan keunikan tersendiri dibanding aplikasi sosial media lainnya. Di OCD lebih khusus membahas politik, namun diklaim bebas dari hoaks atau kabar bohong yang banyak membanjiri medsos. Aplikasi sosmed buatan anak bangsa ini punya empat fitur bahasan politik seperti Vox Pop, Petisi, Poling, dan Kampanye.

Aplikasi ini cukup menarik, terutama bagi Anda yang punya ketertarikan dengan dunia politik atau yang senang mengikuti isu-isu politik. Namun, sebelum menggunakan aplikasi ini sistem akan verifikasi KTP untuk mencegah akun buzzer, sehingga masyarakat tidak gampang termakan hoax.

2. Kwikku

Aplikasi media sosial Kwikku

Aplikasi media sosial Kwikku ini buatan Kwikku Nusantara ditujukan kepada user yang ingin mencari teman baru dan konten-konten hiburan. Tentu saja dalam aplikasi buatan anak bangsa ini, pengguna dapat membagikan tulisan maupun fotor kepada pengguna lain.

Ada tiga fitur utama yang ditawarkan Kwikku ini, yaitu Menu Discover, Fitur Jomblo dan Konten Khas Lokal. Yang paling unik adalah Fitur Jomblo dimana user dapat mengirim pesan secara random lewat percakapan anonim dan bertanya ke pakar percintaan.

3. SEBANGSA

aplikasi media sosial SEBANGSA

Sesuai namanya, ini merupakan karya dalam negeri dan cocok untuk yang ingin menemukan dan bergabung dengan komunitas yang diminati. Di SEBANGSA pengguna dapat bergabung di berbagai komunitas yang ada, seperti traveling, pencinta bola, kuliner, dan lain-lainnya.

Dengan bergabung di komunitas yang ada dan sesuai minat maka bisa berbagi informasi dan pengalaman bersama dengan teman-teman yang ada. Selain itu, juga bisa mempromosikan event komunitas.

4. CUiT

Aplikasi media sosial CUiT

Aplikasi media sosial CUiT merupakan media sosial karya anak bangsa dengan lingkungan yang informatif, aman, dan menyenangkan. Selain memiliki fitur-fitur media sosial pada umumnya, seperti mengunggah video maupun foto,  aplikasi CUiT bisa digunakan oleh content creator untuk menghasilkan uang tambahan.

Cukup dengan mengkreasikan video sekreatif mungkin agar mendapatkan banyak penonton yang nantinya akan bisa mendapatkan koin yang disediakan pada setiap quest nya dan menukarnya menjadi uang.

Dengan demikian, selain bisa bersosialisasi dengan orang baru yang bisa menambah hubungan, dampak lain yang bisa dirasakan dengan menggunakan media sosial CUiT  adalah mendapatkan uang.

5. Salam

Salam - Chat Asli Indonesia

Dari namanya saja aplikasi sosial media ini adalah buatan anak bangsa Indonesia. Aplikasi yang dibuat oleh Gravel Technologies ini cocok sebagai obrolan masyarakat Indonesia karena, orang-orang sering menitipkan salam ke orang lain yang sudah lama tidak bertemu kalau lagi ngobrol.

Aplikasi chat yang siap menjadi teman yang selalu ada saat ingin menyampaikan salam kepada orang-orang yang disayangi. Untuk itu user harus menambahkan kontak orang, termasuk orang asing. Selain sinkronisasi kontak, Salam menyediakan fitur ID untuk menghindari penyalahgunaan kontak oleh orang lain. Selain itu bisa mematikan Status Online jika tidak ingin dilihat sedang aktif oleh orang lain.

Itulah 5 platform media sosial karya anak bangsa Indonesia yang bisa digunakan oleh content creator dan juga sebagai aplikasi edit video. Semua aplikasi masih bisa didownload di playstore dan menginstall aplikasi tersebut di Android dan menggunakannya.

 

5 Aplikasi Sosial Media Karya Anak Bangsa

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.