Sabtu, 30 April 2016

Tujuan dan Tugas Bank Indonesia

Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia memiliki satu perumusan tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang merupakan mata uang yang sah negara Indonesia. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa yang tercermin pada perkembangan laju inflasi serta kestabilan terhadap mata uang negara lain yang tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah.

Untuk mencapai tujuan tersebut didukung oleh tugas Bank Indonesia yang terdiri dari tiga pilar utama yang merupakan bidang tugas masing-masing. Ketiga bidang tugas tersebut bertujuan agar mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.


Tujuan dan Tugas Bank Indonesia

Tugas Bank Indonesia


Tiga pilar bidang tugas utama Bank Indonesia selaku Bank Sentral:
  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, 
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, 
  3. Mengatur dan mengawasi bank. 

Dalam pelaksanaannya, Bank Indonesia memiliki tugas khusus:
  1. Pengendalian moneter, i.e. melalui operasi pasar terbuka (OPT), dsb. 
  2. Sistem pembayaran, i.e. mengeluarkan uang sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia yang meliputi kegiatan mencetak, mengedarkan serta mengatur jumlah uang beredar.
  3. Perbankan, i.e. memberikan dan mencabut izin usaha bank.

Tujuan dan Tugas Bank Indonesia - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...