Selasa, 22 Maret 2016

Pengertian Terumbu Karang

Pengertian Terumbu Karang yang sebenarnya adalah struktur kalsium karbonat (CaCO3) yang dihasilkan oleh coral reef (karang). Karang merupakan sekelompok hewan laut kecil yang bernama polip, sedangkan yang membentuk terumbu adalah karang keras (hard corals) karena tubuhnya yang keras sehingga tampak seperti bebatuan atau tanaman.

Pengertian Terumbu Karang

Banyak orang menyebutkan pengertian terumbu karang adalah sebuah ekosistem yang terbentuk dari ribuan karang sebagai tempat habitat hidup bagi berbagai makhluk laut. Dengan adanya ekosistem terumbu karang ini terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup laut dengan lingkungannya.

Terumbu karang umumnya membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup, biasanya terdapat di laut yang memiliki kedalaman lebih kurang 50 m di bawah permukaan laut. Meskipun ada beberapa tipe terumbu karang tidak memerlukan cahaya matahari dan berada di kedalaman, namun tidak membentuk koral (karang keras).

Terumbu karang secara global ditemukan di daerah tropis dan sub tropis, wilayah terbesar dengan keanekaragaman karang berada di wilayah indo pasifik seperti perairan Australia, kepulauan pasifik, perairan laut merah, perairan Indonesia, Malaysia dan Filipna, dan di bagian timur dan barat Samudera Hindia. Untuk wilayah Atlantik meskipun tidak seluar dan sebanyak terumbu karang di indo pasifik, tersebar di sekitar perairan Karibia, Bermuda dan Karibia, Afrika Barat dan di sekitar lepas pantai Brasil.

Pengertian Terumbu Karang - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...