Pengertian Unicorn Dalam Bisnis Startup

Istilah unicorn adalah sebutan untuk makhluk mitologis Yunani yaitu seekor kuda dengan sebuah tanduk tunggal berbentuk spiral lancip di dahi. Unicorn digambar sebagai hewan mirip kuda  yang kuat, ganas dan liar serta hanya bisa ditangkap oleh gadis perawan.

Pengertian Unicorn Dalam Bisnis Startup

Ada legenda yang menceritakan kekuatan unicorn. Pada sebuah pertempuran dengan gajah besar, si gajah yang pada akhirnya tewas oleh tanduk unicorn yang seperti tombak.

Selain itu ada juga lengenda tentang unicorn yang bisa memurnikan air beracun dengan tanduknya sehingga hewan lain dapat minum.

Blog Kanal Informasi

 

Asal usul Istilah Unicorn Dalam Bisnis Startup

Bagaimana istilah unicorn digunakan dalam bisnis startup?

Istilah unicorn dalam startup tidak terlepas dari Aileen Lee seorang investor asal Amerika Serikat, pendiri Cowboy Ventures. Lee membuat riset pada tahun 2013 untuk mengukur seberapa besar potensi bisnis pada perusahaan rintisan dengan dana ventura.

Hasilnya ditemukan 39 atau 0,07 persen dari perusahaan yang mendapatkan dana dari ventura yang berusia di bawah 10 tahun, memiliki nilai ekonomi (valuasi) di atas USD 1 miliar.

Temuan ini merupakan hal yang langka. Lantas, Lee mencoba memberi istilah atas temuannya tersebut, dengan kata yang mudah diingat sekaligus memiliki makna “langka”.

Awalnya mencoba menggunakan istilah ‘home run’ atau ‘megahit’, namun akhirnya Lee menemukan istilah yang dianggap cocok untuk perusahaan rintisan yang mencapai nilai valuasi yang besar itu yaitu Unicorn, seperti nama hewan dalam mitologi Yunani.

Startup unicorn bisa jadi memiliki makna seperti kuda dalam mitologi Yunani yang kuat dan ganas sekaligus simbol untuk mengungkapkan sesuatu yang langka.

Akhirnya istilah Unicorn dipakai mendeskripsikan perusahaan rintisan yang telah mendapatkan nilai ekonomi lebih dari US$1 miliar.

Seiring waktu, muncul istilah ‘decacorn’ untuk menyebut perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi USD 10 miliar  dan ‘hectocorn’ untuk perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi USD 100 miliar.

Menurut laporan Corporate Finance Institute (CFI), penilaian perusahaan rintisan yang berstatus unicorn berdasarkan potensi pertumbuhan dan perkembangan pemodal ventura dan investor dan tidak ada kaitannya dengan kinerja keuangan masing-masing perusahaan atau data fundamental lainnya.

 

Pengertian Unicorn Dalam Bisnis Startup

Semoga Bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *