Pengertian Home Care Menurut Beberapa Sumber

Home care merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam perawatan khususnya yang berhubungan dengan kesehatan. Secara umum pengertian home care adalah layanan perawatan kesehatan di rumah secara mandiri yang berkesinabungan dan komprehensif dengan melibatkan pasien, keluarga pasien dan pemberi pelayanan.

Pengertian Home care

Home care merupakan komponen dari pelayan kesehatan yang yang meliputi pasien, keluarga, pemberian pelayanan yang professional (multi disiplin) dan tujuannya, yaitu untuk membantu pasien kembali pada level kesehatan optimum dan kemandirian.

Tujuan Home care adalah untuk meningkatkan, mempertahankan, memulihkan kesehatan/memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacatan akibat dari penyakit. Oleh karena itu, dalam layanan home care mengharuskan perawat tinggal di rumah pasien, menjaga dan memberikan asuhan keperawatan yang di butuhkan oleh pasien.

Blog Kanal Informasi

Pengertian Home Care Menurut Beberapa Sumber

Banyak pengertian tentang home care dari beberapa ahli atau sumber. Namun garis besarnya sama yaitu layanan keperawatan di rumah. Berikut beberapa definisi home care:

Home care adalah sistem dimana pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial diberikan di rumah kepada orang-orang cacat atau orang-orang yang bagus harus tinggal di rumah karena kondisi kesehatannya. (Neis dan Mc. Ewen – 2010)

Home care merupakan penyediaan peralatan dan jasa pelayanan keperawatan kepada pasien di rumah yang bertujuan untuk memulihkan dan mempertahankan secara maksimal tingkat kenyamanan dan kesehatan. Dalam kasus apapun efektivitas perawatan berbasis rumah membutuhkan upaya kolaboratif pasien, keluarga, dan professional. (Amerika Medicine Associatin )

Home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinabungan dan komperhensif yang diberikan kepada individu dan keluarga ditempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit. (Departemen Kesehatan – 2002)

Dengan demikian home care dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Perawatan di rumah merupakan lanjutan asuhan keperawatan dari rumah sakit yang sudah termasuk rencana pemulangan dan dapat dilaksanakan oleh perawat rumah sakit semula oleh perawat komunitas dimana pasien berada atau tim keperawatan khusus yang menangani perawatan dirumah.
  • Perawatan di rumah merupakan bagian dari asuhan keperawatan keluarga sebagai tindak lanjut dari tindakan unit rawat jalan atau puskesmas.
  • Pelayanan kesehatan berbasis di rumah merupakan suatu komponen rentang keperawatan kesehatan yang berkesinanambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka.
  • Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien individu dan keluarga, direncanakan, dikoordinasikan, dan disediakan oleh pemberi pelayanan yang diorganisir untuk memberi pelayanan di rumah melalui staf atau pengaturan berdasarkan perjanjian kerja atau kontrak.
  • Home Care merupakan salah satu bentuk praktik mandiri perawat yang diberikan di rumah. Pelayanan keperawatan di rumah merupakan sintesis dari pelayanan keperawatan kesehatan komunitas dan ketrampilan teknis keperawatan klinik yang berasal dari spesialisasi keperawatan tertentu. Pelayanan keperawatan kesehatan, memelihara ,dan meningkatkan kesehatan fisik, mental, atau emosi pasien.

Lingkup praktik keperawatan di rumah (home care) meliputi asuhan keperawatan perinatal, asuhan keperawatan neonatal, asuhan keperawatan anak, asuhan keperawatan dewasa, asuhan keperawatan maternitas, asuhan keperawatan jiwa dan asuhan keperawatan gerontik dilaksanakan sesuai dengan lingkup wewenang dan tanggung jawab. Pengertian Tenaga Kesehatan dan Jenisnya

Saat ini, sudah banyak penyedia layanan jasa perawat home care terbaik di Indonesia. Pasien atau klien yang memperoleh pelayanan keperawatan di rumah dapat merupakan rujukan dan klinik rawat jalan, unit rawat inap rumah sakit, maupun puskesmas, namun klien dapat langsung menghubungi agens pelayanan keperawatan di rumah atau praktek keperawatan perorangan untuk memperoleh pelayanan home care.

 

Pengertian Homecare Menurut Beberapa Sumber

Loading...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *