Pengertian eSports

Istilah eSports belakangan ini semakin marak. Barangkali istilah tersebut masih asing bagi kebanyakan orang, namun tidak pada penggemar game komputer maupun media elektronik lainnya. Saat ini eSports menjadi sebuah fenomena global.

Pengertian eSports

Pengertian eSports mengacu pada permainan game elektronik yang bersifat kompetitif. Kata eSports singkatan dari electronic sports, yaitu olahraga yang menggunakan game elektronik sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan secara profesional.

Dengan kata lain, eSports adalah olahraga profesional yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol, handphone, dan sebagainya, yang dilakukan secara profesional.

Blog Kanal Informasi

Asal Mula eSports

eSport dianggap mulai berkembang setelah ada sebuah kompetisi yang diadakan oleh suatu komunitas penggemar video game sekitar tahun 1972, di Universitas Stanford. Kala itu, peminat video game masih sedikit dan komputer masih jarang ditemui, apalagi belum ada jaringan internet seperti saat ini.

Para gamer diundang untuk mengikuti sebuah kompetisi game yang diberi nama Intergalactic Spacewar Olympic. Pemenang akan mendapat  satu tahun langganan gratis majalah Rolling Stone yang kala itu sangat top.

Barulah setelah itu kompetisi game mulai banyak dilakukan oleh komunitas penggemar video game termasuk juga oleh perusahaan pengembang video game.

Atari yang merupakan salah perusahaan video game yang cukup terkenal pada saat itu, sekitar tahun 1980-an menggelar kompetisi Space Invader yang diikuti oleh sekitar 10.000 peserta. Kompetisi gage tersebut merupakan penyelenggaraan kompetisi terbesar pada saat itu sehingga  diliput oleh Life and Time, majalah ternama di Amerika Serikat,.

Saat teknologi internet mulai merebak di Amerika Serikat pada tahuan 90-an, kompetisi game ini pun  berkembang secara online. Selain itu, dengan semakin maraknya kompetisi game online maka bermunculan organisasi yang menjadikan games sebagai sebuah industri yaitu industri eSport dengan mempertandingkan game yang mulai beragam dan menantang seperti Counter Strike, Warcraft, Quake, dll.

Mulai tahun 2000-an, fenomena esports pun semakin mendunia. Bahkan Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terbilang gencar mengadakan esports. Hadiah pun juga semakin besar dan menarik.

Perbedaan eSport dan Gaming

Pada dasarnya eSport dan Gaming  itu sama yaitu tentang games (permainan), namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan yaitu gaming itu rekreasi dan eSports itu profesi.

Umumnya, gaming atau bermain game dilakukan orang untuk mengisi waktu luang, refreshing atau sekedar hobi saja. Sedangkan esport untuk tujuan profesional atau dipakai buat profesi, kerjanya memang bermain game.

Barangkali eSports mirip dengan catur atau brigde (kartu) dimana permainan ini bisa sebagai pengisi waktu luang atau menjadi profesi (atlit).

Para pelaku eSports dapat dikatakan merupakan atlet olahraga yang perlu juga dilatih secara profesional, termasuk juga dalam urusan kebugaran, untuk menunjang performa di arena pertandingan karena memerlukan stamina yang bagus.

Menjadi atlet eSPorts perlu keseriusan Karena bukan sekadar mainan pengisi waktu luang, pemain eSports pun perlu keseriusan dalam menekuni bidang tersebut.

 

Pengertian eSports

Loading...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *