INFO PENTING

Di rumah aja ya. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan jangan lupa cuci tangan.

Cek informasi resmi terbaru COVID-19 di situs berikut ini (INDONESIA - WHO.)

Lindungi diri. Lindungi sesama.


Gunakan digibank Transfer Valas untuk Transaksi Bisnis yang Anda lakukan

Beberapa bisnis yang ada di Indonesia saat ini tidak hanya mempunyai pasar di negaranya sendiri. tetapi juga ada yang jangkauannya sampai ke mancanegara segala. Contohnya saja perusahaan bisnis ternama mie instan yang dikelola oleh Indofood ini sudah dijual pada 80 negara yang tersebar di seluruh Indonesia.

transfer valas

Selain dari perusahaan yang memang sudah mempunyai nama yang besar, ada juga produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang sudah mempunyai pasar hingga ke mancanegara, seperti halnya Batik Notohadinegoro yang memadukan unsur tradisional dan juga modern dalam setiap desainnya. Dan masih banyak lagi contoh bisnis orang Indonesia yang mempunyai pasar mancanegara.

Adanya pebisnis Indonesia yang sudah mempunyai pasar mancanegara. Pastinya juga membuat transaksi valas (valuta asing) di Indonesia juga besar. Baik itu dari segi nominal maupun volumenya. Berdasarkan pendapat kepala departemen pengelolaan moneter BI (Bank Indonesia), Nanang Hendarsar, beliau memaparkan pada media cncnindonesia.com kalau nominal transaksi valas di Indonesia bisa mencapai angka US$ 6-7 miliar setiap harinya.

Hal tersebut juga selaras dengan penelitian dari Economic Research Division dari Federal Reserve Bank of St. Louis yang membahas tentang arus masuk dana valuta asing yang ada di Indonesia.

Berikut ini gambaran data persentase transfer dana valuta asing yang masuk ke Indonesia pada tahun 2011 sampai tahun 2017.

Tahun Persentase Transfer Valas yang Masuk ke Indonesia
2011 0,775387
2012 0,785754
2013 0,834435
2014 0,959926
2015 1,122040
2016 0,955776
2017 0,885299

Data diatas tidak hanya tidak hanya berfokus pada arus dana transfer bisnis saja. Melainkan juga arus dana masuk dari transfer dana imigran Indonesia yang bekerja di luar negeri. Akan tetapi sudah dapat mewakilkan arus dana transfer valas yang masuk ke Indonesia.

Kemudahan Transaksi Transfer Valas dengan Aplikasi digibank by DBS

Transfer valas merupakan kegiatan melakukan transfer seperti pada umumnya, akan tetapi dana yang digunakan untuk sarana transfer menggunakan valuta asing. Sehingga akan meminimalisir nilai kurs yang berbeda antara si pengirim dengan kurs nilai mata uang yang ada pada negara si penerima. Dengan begitu kerugian akibat adanya perbedaan kurs tersebut dapat diminimalisir.

Blog Kanal Informasi

Salah satu bank yang menyediakan jasa transfer valas yang ada di Indonesia adalah DBS. Terutama dengan digibank transfer valas, kegiatan transaksi dana valuta asing akan semakin mudah untuk dilakukan. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Aplikasi digibank by DBS ini antara lain.

  1. Aplikasi digibank by DBS tidak hanya menawarkan kemudahan untuk mengaksesnya, tetapi Anda dapat melakukan transfer kapanpun dan dimanapun Anda berada.
  2. Adanya gratis biaya transfer valas untuk lebih dari 20 negara tertentu dan juga dengan 7 mata uang USD, SGD, CAD, EUR,AUD, HKD, GBP.
  3. FX rate yang selalu diperbaharui dengan nilai tukar yang kompetitif, sehingga membuat transfer valas lebih ringan.
  4. Transaksi dana valuta asing yang Anda lakukan akan sampai pada hari itu juga. Tentunya dengan memperhatikan batas waktu maksimal transaksi per harinya.

Cara Melakukan Transaksi Valas Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Keuntungan pertama yang akan memudahkan Anda ketika melaksanakan transaksi valas pada aplikasi digibank by DBS adalah akses untuk melakukan transaksi yang mudah. Anda hanya perlu memilih pilihan menu transfer valas pada menu transfer yang ada pada aplikasi digibank by DBS.

Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti arahan yang ada pada menu tersebut. Maka transaksi valuta asing yang ingin Anda buat akan terlaksana. Secara detailnya beginilah rangkaian cara untuk melakukan transfer valas pada aplikasi digibank by DBS.

  1. Buka menu transfer pada aplikasi digibank by DBS yang sudah Anda unduh. Kemudian pilih transfer valas.
  2. Pilih tambah penerima dan ikuti petunjuk berikutnya.
  3. Pilih negara tujuan transaksi valuta asing yang Anda inginkan.
  4. Pilih mata uang yang sesuai dengan tujuan transaksi Anda.
  5. Pilih nama bank milik rekan bisnis Anda yang ingin Anda transfer dan masukkan data diri dari penerima.
  6. Langkah berikutnya masukkan nominal jumlah dana yang ingin Anda transfer dan klik lanjut untuk menyelesaikan transaksi yang ingin Anda buat.

Sangat mudah bukan. Dengan adanya digibank transfer valas. Transaksi bisnis yang Anda buat akan lebih mudah dan bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Sumber :

  • https://www.dbs.id/digibank/id/id/tabungan/fitur-aplikasi/transfer-valas
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/inilah-20-perusahaan-indonesia-yang-berhasil-dalam-pasar-global
  • https://goukm.id/10-ukm-indonesia-tembus-pasar-global/
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20180729125800-17-25930/mengintip-besarnya-transaksi-valas-harian-ri-rp-129-t-hari
  • https://fred.stlouisfed.org/series/DDOI11IDA156NWDB
Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *