Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Nyaman

Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Nyaman

Kegiatan menggendong memiliki banyak manfaat untuk si Kecil dan orangtua. Menggendong akan membuat si Kecil terasa selalu nyaman dalam pelukan Moms atau Dads. Tetapi masih banyak yang bingung bagaimana menggendong bayi yang benar.

Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Nyaman

Berikut ini cara-cara menggendong si Kecil yang benar.

1. Bayi baru lahir

Saat hendak menggendong Si Kecil, pastikan bahwa posisi tubuh mama sejajar atau sedekat mungkin dengan tubuhnya. Lalu selipkan satu tangan Mama ke bagian leher hingga punggung atas. Selanjutnya, letakkan tangan satunya dibagian belakang tubuh bayi atau di sekitar pantatnya.

2. Atur posisi tangan

Setelah Si Kecil berada di gendongan, Mama bisa mengatur kembali posisi tangan agar ia merasa lebih nyaman. Pastikan bahwa satu lengan telah menopang kepala dan leher dengan baik sementara lengan satunya menopang punggung, tungkai, dan kaki Si Kecil dengan baik.

3. Menggendong posisi tegak

Untuk menggendong bayi dengan posisi ini, Mama harus memastikan bahwa kepala bayi berada di atas bahu dengan posisi menghadap ke belakang. Topang  leher dan kepala Si Kecil dengan satu tangan, sementara untuk tangan satunya gunakan untuk menopang sebagian punggung dan juga bokongnya.

4. Menggendong dengan posisi duduk

Pada usia 4-6 bulan, bayi mungkin sudah bisa digendong dengan posisi duduk menghadap ke depan. Cara menggendong posisi duduk yaitu dengan menyadarkan punggung bayi di tubuh mama dan topang pangkal pahanya dengan tangan. Untuk tangan lainnya gunakan untuk  menyangga bagian dada Si Kecil.

5. Menggendong bayi dengan posisi M

Untuk menggunakan gendongan, jangan biarkan paha si Kecil menggantung begitu saja Ma saat menggendongnya. Cara ini terbilang berisiko menyebabkan terjadinya displasia pinggul pada anak. Sebab, posisi ini akan memberikan penekanan yang lebih besar pada area pinggul.

Posisi yang disarankan adalah menggendong bayi dengan posisi M atau M shape yaitu memposisikan kaki dan pantat Si Kecil membentuk huruf M. Dan pastikan lututnya berada lebih tinggi dari pantat. Posisi ini mirip sekali dengan posisi katak.

Itulah cara menggendong bayi yang bisa Moms dan Dads terapkan ke si Kecil. Buat si Kecil nyaman saat menggendong dengan menggunakan popok yang nyaman bagi si Kecil.

Popok Merries sangat nyaman digunakan untuk si Kecil karena memiliki lapisan bersirkulasi. Kulit si Kecil akan terasa nyaman dan bebas iritasi dengan popok Merries.

 

Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Nyaman

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.