Arti Kata mBolang

Belakangan ini sering terdapat istilah mbolang di kalangan netizen, terutama pada tulisan atau video yang berhubungan dengan petualangan. Namun, apa sih pengertian mbolang tersebut, dan berasal dari bahasa apa?

pengertian mbolang

Pengertian Mbolang

Entah siapa yang pertama kali mempopulerkan istilah mbolang. Namun berdasarkan penggunaan atau pengucapan kata tersebut, biasanya selalu disampaikan yang berhubungan dengan petualangan atau perjalanan seseorang maupun sekelompok orang untuk menemukan hal baru atau menarik.

Jika demikian, istilah mbolang tidak terlepas dari sebuah acara di salah satu stasiun televisi yaitu Si Bolang: Bocah Petualang pada tahun 2006.

Blog Kanal Informasi

Program acara tersebut berisi petualangan anak-anak di beragam penjuru Nusantara tentang pengenalan alam dan budaya setempat sesuai tempat tinggal anak-anak tersebut.

Dikarenakan si Bolang sering melakukan perjalanan atau petualangan mengungkap hal-hal yang menarik berkenaan dengan alam dan budaya, maka istilah mbolang kemudian disematkan kepada orang atau sekelompok orang yang melakukan petualangan menarik.

Istilah mbolang merupakan bentuk kata kerja yang berasal dari kata bolang singkatan dari bocah petualang. Dengan demikian pengertian mbolang adalah melakukan perjalanan atau petualangan. Orang yang mbolang disebut pembolang.

Huruf m didepan kata bolang dipengaruhi oleh bunyi sengau dalam bahasa Jawa yang menerangkan: melakukan, menjadi sesuatu. Seperti batin (dalam hati) – mbatin (berkata dalam hati); banyu (air) – mbanyu (menjadi air/mencair).

Selain mbolang terkadang sering juga menggunakan istilah ngebolang.

Dalam bahasa Batak, bolang artinya belang. Marbolang: berbelang mengenai binatang. Sibolang: kain ulos yang berbelang.

Yuk mbolang !

 

Loading...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *