Rabu, 02 November 2016

Pengertian Transdisiplinaritas

Pengertian transdisiplinaritas adalah penggabungan dua atau lebih disiplin ilmu tetapi bukan multi disiplin, karena untuk menciptakan suatu pendekatan yang bersifat menyeluruh. Konsep dari transdisiplinaritas adalah sebagai upaya dalam memecahkan masalah secara menyeluruh dengan menyatukan beberapa disiplin ilmu menjadi satu kesatuan (lintas disiplin).

Transdisiplinaritas (transdisciplinarity) merupakan untuk mengembangkan sebuah teori baru dengan membangun hubungan dan keterkaitan antar berbagai disiplin. “Transdisciplinarity connotes a research strategy that crosses many disciplinary boundaries to create a holistic approach”

Pengertian Transdisiplinaritas

Tujuan Transdisiplinaritas


Pada saat ini dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, transdisiplinaritas sudah merupakan suatu keharusan, karena disiplin ilmu tidak lagi bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari disiplin ilmu yang lain, untuk mendapatkan hasil yang dicapai secara keseluruhan. Dengan kata lain bagi seorang ilmuwan, harus menguasai ilmu-ilmu lain yang terkait selain menguasai bidang ilmu yang menjadi dasar keilmuwanannya pada bidang pekerjaannya. 

Tujuan transdisiplinaritas atau lintas disiplin adalah untuk keperluan kedewasaan berpikir dan memperluas sudut pandang seseorang. Setiap permasalahan yang dihadapi akan dipahami dari berbagai disiplin ilmu yang relevan, dengan demikian diharapkan ada sudut pandang yang lebih luas dan menyeluruh sehingga akan muncul penyelesaian yang lebih komprehensif.

Setiap masalah adalah kompleks sehingga tidak biasa hanya dilihat dari satu sudut pandang atau disiplin ilmu saja tetapi memerlukan lintas disiplin ilmu untuk mencapai pemahaman yang menyeluruh. Hal ini disebabkan setiap istilah mempunyai pengertian dan makna yang berbeda bilamana ditinjau dari sudut pandang disiplin ilmu yang berbeda.

Contoh transdisiplinaritas bagi seorang dokter saat memeriksa pasien, bukan hanya menggunakan diagnosa, melihat hasil laboratorium, dan sebagainya dari disiplin ilmu kedokteran, namun juga memiliki ilmu ekonomi maupun ilmu sosial untuk mengetahui keadaan ekonomi sosial pasien, saat menulis resep apakah diberikan obat paten atau diberi yang generik. Selain itu, Dokter bisa mengetahui latar belakang seseorang, riwayat hidup yang akan sangat mempengaruhi kesehatan pasien.

Seorang bankir bukan hanya mengetahui manejemen, akutansi atau ilmu ekonomi saja, namun memerlukan disiplin ilmu lain seperti ilmu hukum, ilmu pertanian dan sebagainya dalam menjalankan profesinya agar pekerjaan yang dihadapi dapat  lebih komprehensif.


Pengertian Transdisiplinaritas - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...