Senin, 08 Agustus 2016

Pengertian Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Pengertian penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang mendasari pelaksanaan sebuah penelitian ilmiah. Kedua pendekatan penelitian tersebut memiliki tujuan, asumsi, karakteristik, serta prosedur yang berbeda. Dengan demikian pengertian penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif memiliki perbedaan arti, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan kedua pendekatan tersebut dalam sebuah penelitian.

Secara umum, pendekatan kuantitatif lebih banyak digunakan dalam penelitian dan telah lama mendominasi penelitian pada ilmu-ilmu alam dan termasuk juga penelitian ilmu-ilmu sosial. Sedangkan pendekatan penelitian kualitatif jarang dilakukan, meskipun keduanya memiliki data kuantitatif dan kualitatif yang bisa dipertanggungjawabkan.

Pengertian Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Pengertian Penelitian Kuantitatif


Penelitian ilmiah adalah proses sistematis yang dilakukan dengan urutan dan prosedur tertentu yang bersifat tetap dan benar. Peneliti mengumpulkan data dan menganalisa dari awal penemuan permasalahan dan berlanjut kepada tahap-tahap berikutnya misalnya tahap perumusan masalah, telaah teoretis, verifikasi data, dan kesimpulan. Tahap-tahap tersebut merupakan pendekatan penelitian kuantitatif.

Pengertian penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah secara sistematis, terencana, dan ter-struktur dengan jelas sejak awal hingga hasil akhir penelitian berdasarkan pengumpulan data informasi yang berupa simbol angka atau bilangan. Pada tahap kesimpulan, hasil penelitian ini umumnya akan disertai dengan gambar, tabel, grafik, atau tampilan lainnya.

Contoh penelitian kuantitatif

Untuk mengetahui jumlah siswa sekolah A maka dilakukan sebuah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif untuk mendapatkan kesimpulan hasil penelitian.
Jumlah siswa yang mendaftar di sekolah A pada tahun ajaran 2016-2017 ada 100 siswa dan 50 siswi sehingga jumlahnya adalah 150 siswa. Dengan demikian jumlah bangku yang ada, kurang 25 dari jumlah keseluruhan 125 bangku untuk kelas 1 yang ada.
Pengambilan data angka tersebut merupakan prosedur penelitian kuantitatif untuk menyimpulkan bahwa bangku di Sekolah A kurang.

Pengertian Penelitian Kualitatif

Definisi tentang penelitian kualitatif memiliki banyak pandangan yang terkadang memiliki perbedaan. Beberapa peneliti ilmu sosial berpendapat bahwa fenomena-fenomena sosial sangat unik sehingga sulit dibakukan berdasarkan pengukuran angka (data) tertentu bahkan dapat menghilangkan makna yang sesungguhnya. Oleh karena itu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif sangat sesuai untuk ilmu-ilmu sosial.

Pengertian penelitian kualitatif secara umum adalah penelitian riset untuk meneliti dan mengamati peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kondisi objek dalam suatu situasi sosial. Penelitian kualitatif' bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis subjektif peneliti (perspektif subjek) dengan memanfaatkan landasan teori sebagai panduan di lapangan

Contoh penelitian kualitatif

Warung Tegal Bu Ani sangat ramai terutama pada jam makan siang, padahal banyak warung tegal lainnya di tempat itu. Untuk mengetahui penyebabnya maka dilakukan sebuah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mendapatkan kesimpulan.
Warung Tegal Bu Ani masakannya lebih enak dari warung Bu Midah di sebelahnya. Harga makanan warung Bu Ani tidak menguras kantong dari pada Warung Abah Karim. Tempat Bu Ani sangat luas dan bersih dari pada tempat BU Siti.
Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan data yang didapat melalui proses analisa dan pengamatan kondisi obyek merupakan prosedur penelitian kualitatif.

 

Pengertian Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif - Kanal Informasi


0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...