Minggu, 21 Agustus 2016

Metode Penelitian Survei

Metode penelitian survei adalah cara melakukan pengumpulan data berdasarkan survei. Pengertian survei (survey) adalah sebuah teknik riset atau penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan data yang valid dengan memberi batas yang jelas atas data kepada suatu obyek tertentu. Orang yang melakukan survei disebut penyurvei. Melakukan survei berarti melakukan penyelidikan, pemeriksaan atau peninjauan terhadap obyek tertentu untuk mendapatkan data bagi keperluan tujuan penelitian. 

Metode penelitian survei merupakan salah satu metode yang banyak digunakan dalam penelitian kuantitatif dimana menggunakan alat bantu sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Misalkan survei udara yaitu kegiatan penyelidikan yang dilakukan di udara oleh sekelompok orang dengan menggunakan suatu alat. Survei kualitas produk dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data, dan lain sebagainya.

Metode penelitian survei dilakukan secara sistematis, terencana dan ter-struktur dengan jelas sejak dimulainya penelitian sampai hasil akhir berdasarkan pengumpulan data informasi yang umumnya disertai dengan gambar, angka, tabel, grafik, dan lain sebagainya.

Pengertian Metode Penelitian Survei

Metode Penelitian Survei Kuesioner


Metode penelitian survei kuesioner merupakan salah satu metode penelitian yang sederhana dan cepat sehingga banyak digunakan di kalangan dunia pendidikan terutama mahasiswa dan dosen dalam melakukan sebuah penelitian. Umumnya hanya dengan menggunakan kuesioner yaitu suatu teknik pengumpulan informasi yang diajukan sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data karena desain yang sederhana serta prosesnya cepat. 

Akan tetapi penelitian yang menggunakan metode survei dengan kuesioner tidak dapat dilakukan sembarangan dan memerlukan responden dalam jumlah yang cukup agar hasil temuan tidak dangkal mengingat responden memberikan informasi yang bersifat umum. Dengan banyaknya responden yang menjawab maka validitas hasil bisa dicapai dan dipertanggungjawabkan dengan baik. 

Umumnya jenis-jenis pertanyaan dalam metode penelitian survei kuesioner adalah :
  • Pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan yang memberi pilihan-pilihan respons terbuka kepada responden. Respons yang diterima penyurvei harus tetap bisa diterjemahkan dengan benar.
  • Pertanyaan tertutup yaitu pertanyaan yang membatasi pilihan-pilihan respons yang tersedia bagi responden.
Karena validitas data sangat tergantung pada responden maka penelitian menggunakan metode penelitian survei kuesioner akan tepat apabila :
  • Antara responden yang satu dengan yang lain saling berjauhan.
  • Penyurvei terdiri dari sejumlah orang untuk mengetahui berapa proporsi suatu kelompok tertentu yang menyetujui atau tidak menyetujui dari kuesioner yang diajukan.
  • Melakukan studi terlebih dahulu untuk mengetahui seluruh pendapat tentang kuesioner sebelum penelitian berlangsung.
  • Kuesioner bisa diidentifikasi dan dilanjutkan dalam wawancara berikut untuk mencapai hasil maksimal.

Pengertian Metode Penelitian Survei - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...